Ogan Ilir,MPP – Aktivitas pergerakan Masyarakat semakin ramai jelang lebaran sebabkan kepadatan arus lalulintas semakin padat, guna mengantisipasi kemacetan Polres Ogan Ilir lakukan penyekatan terhadap kendaraan.

” Rindu pulang Aku rindu pulang rindu keluarga Sanak saudara”

Mungkin inilah salah satu alasan ramainya pemudik lebaran tahun ini.
Moment lebaran idul Fitri 1445 H Tinggal menunggu hitungan hari lagi yang pastinya akan dirayakan oleh seluruh umat muslim tentu nya akan disambut oleh masyarakat dengan rasa gembira dan suka cita, dengan adanya hari raya tersebut membuat masyarakat akan memenuhi kebutuhan pokok sandang dan pangan selama masa lebaran dan membuat pemudik sangat rindu akan kampung halamannya untuk berkumpul bersama keluarga tercinta.

Kemudian dengan banyaknya jumlah pemudik serta pergerakan Masyarakat yang melintas dijalan raya yang akan menuju ke tujuannya masing-masing membuat arus lalulintas menjadi ramai dan padat.

Hal serupa juga terjadi di wilayah kabupaten Banyuasin provinsi sumatera selatan, kepadatan arus lalulintas terjadi di ruas- ruas jalan tertentu, Teruma di jalan lintas timur Palembang Betung.

Untuk mengantisipasi berbagai kerawanan yang terjadi selama arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2024,Polri sekarang sedang melaksanakan operasi ketupat 2024 secara serentak diwilayah RI,selama 13 hari yang terhitung mulai tanggal 04 April sampai tanggal 16 April 2024.

Disampaikan oleh Bapak Kapolda Sumsel IRJEN POL .A. RACHMAD WIBOWO S.I k dalam arahannya melalui vidcon kepada seluruh jajarannya pada tanggal 05 April 2024, agar seluruh jajarannya dapat bersinergi dalam melaksanakan operasi ketupat Musi 2024 dengan cara memberikan pelayanan yang baik dan prima kepada masyarakat.

Untuk wilayah kabupaten Ogan Ilir sendiri terdapat dua jalur yang dapat digunakan oleh para pemudik dan pengguna jalan lainya yaitu dapat melalui jalur arteri dan jalur tol yang dapat menghubungkan ke beberapa wilayah kota lainya seperti menuju kota Palembang,Ogan Komering Ilir ( OKI ) dan menuju kota Prabumulih.

Terkait dengan adanya kepadatan dan kemacetan diwilayah polres Banyuasin pihak polres Ogan Ilir disampaikan oleh Kapolres Ogan Ilir AKBP Andi Baso Rahman SH.S.IK M.Si.telah melakukan Antisipasi dengan cara melakukan penyekatan terhadap kendaraan baik kendaraan angkutan barang ataupun penumpang yang akan memasuki jalur Palembang Betung adapun penyekatan terhadap kendaraan yang akan melintas ruas jalan lintas timur Palembang Betung yang melintas kabupaten Banyuasin dilaksanakan di beberapa titik pos pengamanan lebaran yang ada di wilayah polres Ogan Ilir seperti di ruas jalan tol keramasan dan di jalur Alteri yang mengarah pintu masuk kota Palembang tepat nya di simpang empat Musi II.

Selain melakukan penyekatan terhadap kendaraan pihak polres Ogan Ilir juga melakukan kegiatan patroli hunting untuk memberikan himbauan dan rasa aman kepada masyarakat terutama bagi para pemudik dan ditempat ramai aktifitas masyarakat seperti di pasar dan lainya

Adapun bentuk bentuk himbauan yang dilakukan oleh polres Ogan Ilir untuk mengantisipasi berbagai kerawanan yang terjadi selama arus mudik dan balik adakah dengan menghimbau masyarakat agar selalu mengutamakan keselamatan diri dan orang lain dalam berlalu lintas,pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik dan siap pakai serta kondisi kesehatan tubuh sebelum berpergian.perhatikan petunjuk dan rambu lalulintas yang ada,pastikan kartu TOl cukup saldonya biar tidak terjadi penumpukan di pintu masuk, perhatian kecepatan kendaraan dan apabila pengemudi lelah dan merasa ngantuk silahkan istirahat di pos pengamanan atau pos pelayanan yang telah disiapkan oleh polres Ogan Ilir selama berlangsungnya operasi.

kegiatan penyekatan terhadap kendaraan sudah dilakukan dari semalam 05.04.2024 oleh petugas pengamanan arus mudik 2024 ,Dengan cara memasukan kendaraan ke kantong kantong parkir seperti di SPBU,rumah makan dan tempat tempat lainya, kegiatan ini dilakukan bersama dengan pihak pihak terkait yang tergabung dalam pelaksanaan operasi ketupat Musi 2024.” jelas Kapolres Ogan Ilir ” HMS (imron)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini