SULA,MPP – Polres dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula menggelar rapat koordinasi bahas terkait angka kekerasan perempuan dan pencabulan anak dibawah umur yang semakin meningkat.

Rapat yang berlangsung di ruang Kapolres Sula dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Muhlis Soamole dan Kadis P3A Sehat Umagap pada Kamis (4/4/2024).

Kapolres Kepulauan Sula, AKBP. Kodrat Muh Hartanto, S.I.K menyampaikan tujuan rapat koordinasi ini, untuk bahas bersama dan mencari solusi terkait tingginya kekerasan terhadap perempuan dan pencabulan anak dibawah umur di Kabupaten Kepulauan Sula.

“Tindak pidana pencabulan di Sula setiap tahun meningkat, ke depan kita akan buat salah satu percontohan berbasis desa untuk mencegah dan penanganan terhadap anak dibawah umur,”kata Kodrat.

Berdasarkan laporan yang diterima melalui Sat Reskrim lanjut Kodrat, bahwa kekerasan terhdap anak sangat tinggi. Untuk itu diharapkan dengan kerja sama stakeholder untuk dapat mencegah dan penanganan sehingga kekerasan terhadap anak dibawah umur ada solusinya.

Selain itu, Sekda Kepulauan Sula Muhlis Soamole menyampaikan sangat mendukung apa yang menjadi Program dari Kapolres Kepulauan Sula sehingga kekerasan terhadap perempuan dan anak dibawah umur di Sula daoat dicegah.

“Kami juga mengharapkan apa yang disampaikan menjadi Program dari Bapak Kapolres nantinya dapat berjalan dengan lancar,”harap Muhlis.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas P3A Sula Sehst Umagap bahwa dirinya selaku Kadis sangat mendukung Program Kapolres Sula agar ke depan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Sula nantinya dapat dicegah dan dapat mengurangi angka kekerasan yang saat ini terjadi di Sula.

“Tahun 2024, kami dari Dinas DP3A, telah membentuk contoh sampel di dua Desa yakni Desa Wailau, Kecamatan Sanana dan Desa Kou, Kecamatan Mangoli Timur, sebagai upaya pencegahan dan edukasi kepada masyarakat,”kata Sehat Umagap.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut adalah:

1 Kapolres Kepulauan Sula, AKBP. Kodrat Muh Hartanto, S.I.K
2. Sekda Kepulauan Sula, Muhlis Buamona
3. Kadis DP3A Kepulauan Sula Sehat Umagapi
4. Kasat Binmas Polres Kep. Sula AKP. Muslim Umabaihi
5. Kasat Intelkam Polres Kepulauan Sula, IPTU Sahlan Tubaka, S.H., M.H
6. Kasiwas Polres Kep. Sula Aiptu. Hamza Upara
7. KBO Sat Reskrim Polres Kep. Sula Aipda. La Jaya Muhidin, S.H
8. Kanit PPA Polres Kep. Sula Bripka. Ikbal Umanailo
9. Pj. Kades Fogi Habri Sanaba, S.Pd.i.

Penulis: Rais umaternate

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini