LUBUK LINGGAU,MPP – Hari ini Polres Lubuk Linggau bersama stakeholder terkait melaksanakan apel gelar Pasukan Ops Ketupat yang berlangsung dihalaman Mapolres Lubuk Linggau, apel yang secara serentak di seluruh Indonesia. Apel ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Menanggapi hal ini, berdasarkan survei Indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5%, meningkat 15,7% dibanding tahun 2022. Hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini.

Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya persiapan menghadapi arus mudik yang diproyeksikan meningkat drastis. Dalam survei Kemenhub RI tahun 2024, diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang, meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023. Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal, menyadari skala kepadatan yang akan terjadi.

Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait khususnya di wilayah Kota Lubuk Linggau melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat Musi 2024”, Operasi ini fokus pada pelayanan dan pengamanan di jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian.

Polri bersama Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR mengeluarkan Surat Keputusan Bersama tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran 2024/1445 H, untuk memastikan kelancaran lalu lintas.

Aspek keamanan dari gangguan kamtibmas juga menjadi perhatian penting, baik pada rumah yang ditinggalkan, jalur mudik, maupun lokasi wisata dan pusat keramaian lainnya. TNI-Polri siap memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal demi kelancaran dan keamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

( Juhardi )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini