Kebumen, MPP – Menjelang arus mudik lebaran 1445 Hijriah tahun 2024, Satlantas Polres Kebumen bersama Pemkab Kabupaten Kebumen mengecek kendaraan angkutan umum atau ramp check kendaraan.

Pengecekan dilakukan di Terminal Bus Tipe A Kebumen terhadap kendaraan bus yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang saat mudik ataupun balik lebaran, Senin 1 April 2024.

Kegiatan dipimpin oleh Kanit Gakkum Satlantas Polres Iptu Santoso bersama personel Satlantas, serta didampingi Dishub Kebumen, BPTD Kebumen, serta Dinas Kesehatan Kebumen.

Diungkapkan Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto, ramp check kendaraan untuk memastikan bahwa kendaraan yang akan beroperasi saat libur lebaran dalam kondisi fit sehingga laik jalan.

“Pengecekan ini untuk meminimalisir terjadi kecelakaan karena troublenya kendaraan. Sehingga dilakukan pengecekan,” jelas AKP Heru.

Sementara itu, Kanit Gakkum Iptu Budi Santoso menambahkan, saat ramp check, bus yang masuk terminal diperiksa satu persatu mulai dari kelengkapan teknis, sampai kelengkapan secara administrasi.

“Sasaran kegiatan ini adalah kendaraan pengangkut penumpang yang memasuki wilayah Kebumen. Total ada 21 bus yang kita lakukan pengecekan,” jelas Iptu Budi Santoso.

Menurut Iptu Budi, ramp check kendaraan penting dilakukan untuk memastikan semua dalam kondisi baik.

Tak luput seperti sistem penerangan, sistem pengereman, kondisi kaca depan, kondisi ban, dan sabuk keselamatan juga dilakukan pengecekan oleh petugas gabungan.

Lalu pada teknis penunjang kendaraan, meliputi pengukur kecepatan, spion, wiper kaca depan, klakson, kapasitas tempat duduk penumpang, serta perlengkapan kendaraan dan perlengkapan tanggap darurat juga dicek pada kesempatan itu.

Ramp check akan dilakukan secara berkala di beberapa titik rest area, juga beberapa terminal di Kebumen.

“Setelah semua dalam kondisi baik, semoga mudik lebaran tahun ini bisa berjalan aman, lancar sampai dengan tujuan,” imbuh Iptu Budi.

Selanjutnya, Satlantas juga akan meningkatkan kegiatan patroli antisipasi kerawanan lalu lintas di jalur utama. Ini dilakukan sesuai arahan Kapolres Kebumen agar terwujud keamanan keselamatan ketertiban kelancaran berlalu-lintas (Kamseltibcarlantas) yang kondusif di wilayah Kebumen.

(Humas Polres Kebumen) AD1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini