Kebumen, MPP – Sipropam Polres Kebumen mendadak menggelar kegiatan penegakan ketertiban dan kedisiplinan (Gaktiblin) kepada para peserta apel pagi, Selasa 26 Maret 2024.

Diungkapkan Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto, gaktiblin dilakukan untuk memastikan tidak ada pelanggaran anggota serta persiapan pengamanan Operasi Ketupat Candi atau pengamanan rangkaian mudik Lebaran.

“Gaktiblin juga merupakan kegiatan rutin dan berkala. Namun gaktiblin yang dilaksanakan pagi ini untuk memastikan kedisiplinan anggota menyambut pengamanan Lebaran,” jelas AKP Heru.

Selanjutnya Kasipropam Polres AKP Sugiyanto saat memimpin gaktiblin mengatakan ada beberapa item yang dilakukan pengecekan.

Pengecekan yang pertama kerapihan anggota, lalu yang kedua surat-surat kelengkapan anggota.

Untuk kerapihan yang dimaksud, seragam harus rapih dan sesuai ketentuan. Lalu sepatu harus disemir, dan rambut sesuai aturan yang berlaku.

Sedangkan untuk surat-surat yang dilakukan pemeriksaan diantaranya, KTA, KTP, SIM, STNK, Surat izin memegang Senpi pada personel yang memegang senpi organik dinas.

“Kita lakukan pengecekan satu-persatu. Tujuannya jika ada surat yang masa berlakunya akan segera habis, bisa diingatkan untuk segera diurus perpanjangan. Selanjutnya agar personel senantiasa menjaga kerapihan agar masyarakat merasa nyaman saat dilayani kepolisian,” jelas AKP Sugiyanto.

Dari gaktiblin yang dilaksanakan mendadak tersebut, menurut AKP Sugiyanto ada beberapa temuan diantaranya rambut kurang rapih, dan sepatu kurang mengkilap. Jumlahnya hanya beberapa, namun masih kategori wajar.

“Yang menurut ketentuan tidak sesuai, kita berikan tindakan disiplin. Harapannya agar supaya diperbaiki lagi,” pungkasnya.

Selain di Polres, gaktiblin juga akan dilakukan di tingkat Polsek jajaran. Kegiatan ini dilakukan secara berkala dan dilaporkan ke Polda Jateng.

(Humas Polres Kebumen) AD1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini