Aek Korsik_Labura – Puluhan warga Dusun III Parit Minyak Desa Aek Korsik Kecamatan Aek Kuo Kabupaten Labuhan Bau Utara melakukan pemblokiran jalan di dusun mereka pada sabtu 23 maret 2024 sekira pukul 15.25 wib sebagai bentuk protes kepada PT. Marbau Jaya Indah Raya yang bergerak di bidang Perkebunan Kelapa Sawit.

Mengetahui adanya pemblokiran jalan, team pengamanan perusahaan yang dipimpin oleh Danru Suhar didampingi Danru Siregar dibantu oleh BKO segera turun ke lokasi untuk melihat secara langsung kejadian dan setibanya di lokasi, Danru Suhar dan Siregar mengajak warga untuk bermusyawarah, “kita bisa bicarakan dengan baik-baik, apa yang menjadi usulan warga, kami siap memfasilitasi”, ujarnya.

Salah seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, “perusahaan telah melanggar kesepakatan karena sebelumnya sudah disepakati bahwa perusahaan wajib memelihara jalan sebaik-baiknya dan menyiram disaat musim kemarau, nah hari ini mereka (perusahaan-red) tutup mata terhadap kami yang setiap saat harus menghirup abu yang diakibatkan truk-truk yang melintas”, ungkapnya.

Lanjutnya, “apalagi saat ini di bulan suci ramadhan, saat warga melaksanakan sholat tarawih di Mesjid, abu pada masuk ke Mesjid yang mengakibatkan warga tidak fokus pada ibadahnya, lagian perusahaan ini sudah tidak perduli kepada kami pasalnya, dulu anak-anak kami boleh menumpang bus sekolah perusahaan ke luar dusun kami, sekarang perusahaan telah melarang anak-anak kami menumpang bus sekolah perusahaan”, pungkasnya.

Setelah dilakukan musyawarah dengan cara humanis oleh pihak perusahaan dengan warga, maka diputuskan untuk segera dilakukan penyiraman jalan oleh perusahaan dan selanjutnya akan dilakukan penyiraman jalan sebanyak 5 kali sehari dan berikutnya akan diadakan pertemuan dengan Pimpinan Perusahaan pada hari selasa 26 maret 2024 untuk membahas tentang perbaikan jalan dan pada pukul 15.50 wib dilakukan penyiraman jalan dan truk-truk pun sudah boleh beroperasi kembali.

(hr.sihite)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini