Jakarta – Maraknya Dikriminalisasi dan Kriminalisasi terjadi pada sejumlah Jurnalis dalam menjalankan tugas Profesinya,dimana hal tersebut terjadi disaat menjalankan tugas Jurnalis dalam memberitakan seseorang yang mempunyai kekuatan dan jabatan.

Media yang independen adalah media yang tidak terikat,bebas,merdeka atau berdiri sendiri sehingga tidak adanya memihak kepada siapapun dan terpengaruh oleh siapapun terutama kepada seseorang yang mempunyai kepentingan dan pastinya selalu mengedepankan azas praduga tak bersalah.

Oleh karena itu, Wakil Ketua Presidium Forum Pers Independen Indonesia (FPII) Noven Saputera,S.H. Meminta agar Kepolisian Republik Indonesia juga harus Independen dalam menjalankan tugas yang sudah di amanahkan oleh masyarakat Indonesia terutama dalam penanganan kasus sengketa Pers., Senin (11/3/24).

Karena Media dimana sebagai Pilar ke 4 Demokrasi dan dalam melaksanakan tugas profesinya dilindungi oleh UU Pers No.40 Tahun 1999.

Polri diminta dalam melaksanakan tugasnya jangan tebang pilih dengan melihat Medianya ,karena dasar keabsahan Media berdasarkan kelegalitasan yang telah di keluarkan dan diakui oleh Negara Republik Indonesia dan saat terjadi sengketa pers atau adanya pelaporan antara masyarakat dan pers harus mengedepankan pengunaan Hak Jawab.

Dengan melihat tingkat kekerasan terhadap Jurnalis di Indonesia dikategorikan merisaukan maka kami Forum Pers Independen Indonesia (FPII) sebagai Organisasi Independen dan menjadi Organisasi Garda Terdepan dalam membela Insan Pers meminta Kepolisian Republik Indonesia komit dalam turut menjaga Kemerdekaan Pers dan Perlindungan terhadap Jurnalis dimana dikutip sebelumnya yang disampaikan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Dr. Sandi Nugroho, S.I.K, S.H., M.Hum dan dua pembicara dari unsur Polri dalam dialog publik “Kemerdekaan Pers dan Perlindungan Jurnalis” yang diselenggarakan Divisi Humas Polri, di Hotel Grand Dhika, Melawai, Jaksel, Rabu (31/5). Bahwa Polri Berkomitmen untuk terus menjaga kemerdekaan Pers dan kebebasan Jurnalis dalam menjalankan tugasnya.

Anggaplah kami sebagai kawan untuk bersama-sama menjaga keutuhan NKRI bukan sebagai lawan, dan kami akan selalu bersinergitas dalam mengamplikasikan dan menjadi cooling system dalam mengajikan pemberitaan positif yang bermamfaat dalam mengedukasi masyarakat.

Sumber : Presidium FPII

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini