Kebumen, MPP – Masyarakat Sempor kini memiliki gedung Mapolsek baru. Gedung lama yang semula di Desa Jatinegara, Kecamatan Sempor, akan segera pindah ke gedung baru di Desa Bejiruyung.

Gedung yang didirikan di tanah seluas 703 Meter persegi, dengan luas bangunan 308 Meter persegi di Desa Bejiruyung, Kecamatan Sempor, merupakan hibah dari keluarga besar Almarhum Letda Purnawirawan Mochtar.

Hari ini gedung berikut tanah Mapolsek Sempor yang baru diserahkan dari pihak keluarga kepada Polres Kebumen yang diwakili Kapolres AKBP Recky, Kamis 7 Maret 2024.

Kapolda Sulawesi Tenggara Irjen Pol Teguh Pristiwanto salah satu perwakilan keluarga besar Almarhum Letda Purnawirawan Mochtar berharap, dengan hibahnya Mapolsek Sempor yang baru, diharapkan tugas kepolisian di Kebumen bisa semakin maju dan dicintai masyarakat.

“Setelah ada bangunan Polsek yang baru, semoga Polsek Sempor semakin baik. Kuncinya harus lebih dekat dengan masyarakat. Bhabinkamtibmas harus lebih dekat dengan masyarakat,” ungkap Irjen Pol Teguh Pristiwanto saat melakukan penyerahan hibah.

Menurut Irjen Pol Teguh Pristiwanto, ia bersama keluarga besarnya terketuk ingin membangun Polsek Sempor tempat ayahnya dulu bertugas sebagai Kapolsek di Sempor sekitar tahun 1984.

Ia menuturkan jika kondisi Polsek Sempor membutuhkan peremajaan, karena berbagai kondisi yang terbatas.

Namun di Polsek Sempor yang lama, tanah yang digunakan untuk mendirikan bangunan adalah milik Pemkab Kebumen, sehingga tidak bisa dilakukan renovasi karena berbagai pertimbangan.

Setelah melakukan berbagai kajian, Desa Bejiruyung menjadi tempat yang terpilih untuk didirikan Mapolsek Sempor juga letak yang strategis dan tepat di pinggir jalan sehingga lebih representatif.

“Dari zaman bapak saya Kapolsek, dari dulu seperti itu (Mapolsek Sempor). Saya bersemangat membangun, karena bapak terakhir berdinas sebagai Kapolsek Sempor,” kata Irjen Pol Teguh Pristiwanto.

Selanjutnya Kapolres Kebumen AKBP Recky selaku penerima hibah untuk Polres Kebumen menyambut baik hibah dari keluarga besar Almarhum Letda Purnawirawan Mochtar.

Ia pun berharap dengan hadirnya Mapolsek Sempor yang megah, dan gagah, bisa menjadi kebanggaan masyarakat Sempor. Masyarakat diharapkan akan merasa lebih nyaman saat berkunjung ke Mapolsek.

“Kami sangat bersyukur dan berterimakasih atas hibah Mapolsek Sempor. Dalam melayani masyarakat, selain kita membutuhkan personel yang mumpuni juga membutuhkan sarana prasarana yang memadai,” pungkas AKBP Recky.

Setelah dihibahkan kepada Polres Kebumen, diungkapkan AKBP Recky, dalam waktu dekat Mapolsek Sempor akan diresmikan penggunaannya oleh Kapolda Jateng.

Sejarah Polsek Sempor:
Sejak berdirinya pertama kali, Polsek Sempor pernah menumpang satu atap dengan Kantor Kecamatan Sempor di Desa Bejiruyung.

Beberapa ruangan Kecamatan Sempor digunakan untuk pelayanan kepolisian hingga tahun 1976, Polsek Sempor dipinjam pakaikan sebidang tanah di sebelah barat Kantor Kecamatan Sempor.

Saat itu pembangunan masih sangat sederhana diambilkan sebagian dana dari pembangunan Mapolsek Karanggayam.

(Humas Polres Kebumen) AD1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini