Murung Raya,MPP – Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja dalam industri konstruksi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Murung Raya telah menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi operator alat berat excavator tingkat jenjang 3. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan melibatkan 21 peserta yang berpotensi menjadi operator alat berat yang handal.

Giat pelatihan ini secara resmi dibuka pada Jumat, 3 November 2023, di aula Cahai Ondui Tingang, Puruk Cahu. Kegiatan pembukaan Pelatihan dihadiri oleh Asisten III Setda Murung Raya, Batara, S.Pd, MM, yang memberikan dukungan dan motivasi kepada peserta.

Kepala Dinas PUPR Murung Raya, Paulus Karya Manginte, ST. MT, mengungkapkan bahwa pelatihan ini mendatangkan narasumber ahli dari LSP Petakindo Konstruksi Mandiri untuk memberikan materi pada hari pertama dan Pada hari kedua, peserta mengikuti uji praktek lapangan dan asesmen yang merupakan bagian penting dari sertifikasi.

Paulus Karya Manginte menyatakan harapannya bahwa para Peserta akan mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh untuk mencapai tingkat keahlian yang diperlukan sebagai operator alat berat.

“Tujuan utama dari pelatihan ini adalah menciptakan sumber daya manusia yang profesional dan mampu bersaing dalam industri konstruksi, khususnya di wilayah Kabupaten Murung Raya,” harap Paulus Kepala Dinas PUPR.

Pelatihan ini menekankan bahwa menjadi seorang operator alat berat tidak hanya tentang menjalankan mesin-mesin berat. Operator juga harus menguasai seluruh fitur dan alat pada mesin alat berat tersebut. Pengoperasian alat berat melibatkan banyak aspek, termasuk keterampilan.

(M.Ilmi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini