Kebumen_Menjelang Pemilu 2024, seluruh organisasi masyarakat (Ormas) di Kabupaten Kebumen menggelar deklarasi pemilu damai.

Deklarasi dilakukan di hadapan Kapolres Kebumen,di sebuah ruang pertemuan di salah satu rumah makan yang ada di Kebumen, Selasa (24/Oktober/2023).

Dari kegiatan itu,Ormas di Kebumen komitmen terhadap gelaran pemilu yang aman,damai dan berintegritas.

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin,deklarasi dilaksanakan juga sebagai bentuk menjunjung tinggi nilai demokrasi selama tahapan pemilu hingga paripurna nanti.

“Situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif,ini bukan hanya semata kerja Polres Kebumen tetapi juga peran rekan-rekan semua.Terlebih saat ini kita telah memasuki tahapan pemilu yang harus disukseskan bersama,”kata Kapolres Kebumen.

Menurut Kapolres,perbedaan pilihan merupakan hal yang sangat wajar terjadi saat pesta demokrasi.Perbedaan bukan menjadi suatu perpecahan,melainkan bumbu demokrasi yang harus dihormati satu sama lain.

Kapolres Kebumen juga berpesan kepada Ormas yang ada di Kebumen agar benar-benar bisa menjaga situasi kondusif selama gelaran pemilu.Jika terjadi konflik,hendaknya diselesaikan secara kekeluargaan sehingga tidak menjadi masalah yang lebih melebar.

Ormas yang ada di Kebumen cukup banyak dan beragam.Kapolres mengimbau kepada tiap-tiap perwakilan mampu mengendalikan anggotanya sehingga tidak terjadi permasalahan yang dapat mengganggu terselenggaranya pemilu.

Lanjut AKBP Burhanuddin,Polres Kebumen siap jika harus menjadi mediator penyelesaian masalah ataupun gesekan.

“Kami Polres Kebumen siap memfasilitasi. Tolong sama-sama mengendalikan anggota yang ada. Selanjutnya jangan pernah terpancing terhadap isu-isu hoax yang dapat membuat perpecahan.Semua bisa diselesaikan dengan baik.Mari tunjukan,Kebumen aman dan kondusif,”pungkasnya.

Deklarasi Pemilu Damai ini menurut Marifun Arif perwakilan PSHT Kebumen menjadi tonggak pegangan seluruh Ormas untuk bersama-sama mewujudkan serta menciptakan kondusifitas selama pemilu.

Senada diungkapkan Sigit Sabarianto perwakilan Pemuda Pancasila Kebumen,kegiatan semacam ini perlu dilakukan secara rutin bahkan setelah pemilu usai,sehingga akan lebih mengeratkan Ormas yang ada di Kebumen.

“Harapan kami bukan hanya kali ini saja, tetapi menjadi rutinitas. Bahkan bisa diagendakan setiap bulan dengan momen-momen tertentu. Sehingga Kebumen tetap aman,kondusif,damai, sejahtera, lahir dan batin,”ungkap Sigit Sabarianto.

(Humas Polres Kebumen) AD1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini