Cianjur.MPP – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko didampingi menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 di Kodim 0608/Cianjur yang dilaksanakan di Lapangan Bina Raga Desa Pasawahan Kec. Takokak Kab. Cianjur, Kamis (19/10/2023).

Kegiatan penutupan TMMD dihadiri oleh Danrem 061/SK Brigjen TNI Anan Nurakhman S.I.P., Bupati Cianjur H. Herman Suherman, Wakil Bupati Cianjur TB. Mulyana, Asintel, Aspers dan Aster Kasdam III/Slw, Danpomdam, Kabekang dan Kapendam III/Slw, para Kasi Kasrem 061/SK, Dandenpom III/1 Bogor, Danlanud Atang Sanjaya, Dandim 0608/Cjr, Danyonif 315/Grd, Kadis DPMD Prov Jabar, Kadis DPMD Kab. Cianjur, Kadis PUTR Kab. Cianjur dan Kadis Perkim serta Ketua Persit KCK Daerah III/Siliwangi Ny. Dwi Erwin Djatniko beserta pengurus.

Pangdam III/Slw dalam sambutannya menyampaikan bahwa TMMD merupakan program Lintas Sektoral untuk membantu tugas pemerintah daerah dalam akselerasi pembangunan di wilayah. TMMD juga merupakan media komunikasi yang sehat dalam membangun kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“TMMD menjadi sarana terbaik bagi TNI untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dalam menggelorakan semangat gotong royong dan energi positif untuk manunggal dalam mencapai keunggulan. Sesuai tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat,” ucap Pangdam.

Pangdam selaku Pengendali Kegiatan Operasi (PKO) TMMD ke-118 mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada para Bupati beserta unsur Forkopimda yang daerahnya telah selesai melaksanakan Program TMMD ke-118, yaitu Kab. Cianjur, Kab. Ciamis, Kab. Indramayu di Provinsi Jawa Barat serta Kab. Lebak di Provinsi Banten.

“Kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, agar memperhatikan faktor keamanan saat kembali ke induk pasukan masing-masing. Jadikanlah momen selama kegiatan TMMD sebagai pelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri kita sebagai bagian dari solusi dan pendorong motivasi masyarakat. Karena TNI lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat,” tutur Pangdam.

Usai upacara penutupan, Pangdam III/Slw bersama Danrem 061/SK Brigjen TNI Anan Nurakhman dan rombongan menuju ke lokasi TMMD di Desa. Bumbangsari Kec. Takokak. Pangdam secara simbolis memberikan kunci rumah kepada Bapak Winata sebagai tanda penyerahan hasil Pembangunan Rutilahu. Sesuai arahan Pangdam, akan ditambahkan beberapa fasilitas untuk melengkapi rumah tersebut. Pangdam juga mengecek hasil pekerjaan lainnya seperti MCK dan Pos Ronda.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak TNI yang telah merenovasi rumah saya, sehingga keluarga bisa lebih nyaman tinggal dirumah. Semoga apa yang sudah diberikan mendapatkan balasan kebaikan dari Yang Maha Kuasa,” ujar Bapak Winata.

Mayjen TNI Erwin Djatniko juga melaksanakan Baksos dengan memberikan bantuan Paket Sembako kepada warga Kp. Bumbangsari dilanjutkan mengecekan tanggul dan hasil pekerjaan pengerasan jalan Desa serta meresmikan penggunaannya yang ditandai dengan pengguntingan pita dan Penandatanganan Prasasti.

TMMD ke-118 Kodam III/Slw dimulai sejak tanggal 20 September 2023 yang digelar di wilayah Kodim 0608/Cianjur, Kodim 0613/Ciamis, Kodim 0616/Indramayu dan Kodim 0603/Lebak. Selanjutnya secara serentak ditutup pada tanggal 19 Oktober 2023.

Penutupan TMMD di wilayah Kodim 0616/Indramayu dengan Irup Kasdam III/Slw Brigjen TNI Agus Saepul didampingi Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Ridwansyah, S.E., D.W.C., M.Sos. Selanjutnya wilayah Kodim 0613/Ciamis dengan Irup Kapoksahli Pangdam III/Slw Brigjen TNI Kuat Budiman dihadiri oleh Danrem 062/TN Kolonel Inf Asep Sukarna. Sedangkan di wilayah Kodim 0603/Lebak dengan Irup Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna.
(Hms)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini