Media Purna Polri, Murung Raya – Desa Olung Muro, yang terletak di Kecamatan Tanah Siang Selatan, Kabupaten Murung Raya, provinsi Kalimantan, telah menggelar Musyawarah Desa untuk menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) tahun anggaran 2024. Kegiatan tersebut juga mencakup pembahasan dan kesepakatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) tahun 2024. Acara ini berlangsung di Aula Kantor Desa Olung Muro pada hari Senin, 16 Oktober 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Tanah, Andreas, SE, M.Si., SERKA Maryono PLH Koramil 1013-10/Tanah Siang Selatan, Kapolsek Tanah Siang Selatan IPTU Sutrisno, Kepala Desa Olung Muro Didi Apriadi Silvanus, pendamping Desa, Badan Perwakilan Desa (BPD), dan berbagai lembaga lainnya yang ada di Desa Olung Muro. Musyawarah ini adalah tahap terakhir dalam proses penyusunan RKP Desa setelah sebelumnya dilakukan sosialisasi perencanaan tahunan.

Dalam sambutannya, Camat Tanah Siang Selatan, Andreas, SE, M.Si., menjelaskan bahwa selama RKP Desa Tahun Anggaran 2024 belum ditetapkan dan diterbitkan berdasarkan Peraturan Desa (Perdes), masih ada ruang untuk perubahan dengan syarat dan ketentuan tertentu, terutama jika kegiatan tersebut termasuk dalam prioritas.

Perlu kita pahami bahwa ketika RKP Desa telah ditetapkan, perubahan masih memungkinkan jika ada peraturan atau regulasi yang lebih tinggi yang bersifat memaksa dan mengikat, seperti Peraturan Menteri atau Peraturan Presiden,” jelasnya.

Musyawarah yang dipimpin oleh Ketua BPD berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Penetapan RKP Desa oleh Ketua BPD dan Kepala Desa. RKP Desa yang ditetapkan dalam acara tersebut akan menjadi dasar untuk penyusunan APBDesa Tahun Anggaran 2024.
(M.ilmi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini