Media Purna Polri, Bandung, Polda Jawa Barat – Kakorbinmas Baharkam Polri Hary Sudwijanto, S.I.K, M.Si. dalam sambutan penutupan pelatihan satpam tingkat Gada Utama Angkatan ke-12 pada Jumat, 14 Juli 2023. Pelatihan ini diikuti 24 peserta dari berbagai daerah.

Dalam sambutannya Kakorbinmas Baharkam Polri Hary Sudwijanto, S.I.K, M.Si mengatakan, bahwa Polri menyadari dalam pemeliharaan Kamtibmas tidak bisa dilakukan sendiri, sumber daya yang dimiliki oleh Polri sangat terbatas jika dibandingkan dengan tantangan yang dihadapi, kehadiran satpam sebagai salah satu bentuk Pam Swakarsa sangat membantu menjaga Kamtibmas.

Untuk itu, pengemban fungsi pengamanan dituntut untuk memenuhi kebutuhan rasa aman, meningkatkan kesadaran para karyawan dan mengemban fungsi kepolisian terbatas unit kerjanya masing-masing.

Gada utama bertujuan untuk menghasilkan manager satuan pengamanan yang memiliki sikap mental, kepribadian, kesamaptaan fisik, dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan sebagai manager/chief security, dengan kemampuan melakukan analisa tugas dan kegiatan, kemampuan mengelola sumber daya serta kemampuan pemecahan masalah pengamanan dalam lingkup tugas dan tanggung jawabnya.

Ia berharap kepada Satpam yang sudah mengikuti pelatihan untuk kerja sama yang baik dengan rekan sejawat, patuhilah prosedur dan segala peraturan yang ada. “Hindarilah semua bentuk pelanggaran yang dapat merugikan saudara dan orang lain khususnya perusahaan ataupun instansi tempat saudara bekerja,” pesannya.

Kakorbinmas juga berharap, bahwa Polri telah menerbitkan peraturan Polri nomor 01 tahun 2023 tentang perubahan atas peraturan Polri Nomor 4 tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa, agar diindahkan/ dipedomani dalam pelaksanaan tugas satpam khususnya ketentuan seragam satpam yang baru warna krem dan telah menerbitkan keputusan Kapolri nomor: Kep/54/I/2023 tanggal 16 Januari 2023 tentang kurikulum pelatihan satuan pengamanan kualifikasi gada pratama, gada madya dan gada utama untuk dipedomani dalam penyelenggaraan pelatihan satpam.

Sementara itu Rudi Nursoleh Direktur Utama PT.Graha Yutaka Muda (Gada 86 Security Guard) mengatakan, bahwa pelatihan ini sebagai upaya melahirkan Satpam yang professional dalam menjalankan tugasnya.
“Kami berharap, ilmu yang didapatkan dari pelatihan ini hendaknya dipraktikkan di perusahaan tempat para Satpam bekerja, sehingga bermanfaat untuk yang lainnya,” ujarnya.(Hms)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini