Media Purna Polri, Namlore, Polda Maluku – Kapolres Resort Buru Selatan, AKBP. M. Agung Gumilar, S.I.K., di undang oleh penyelenggara kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), untuk membawakan materi pada kegiatan tersebut. Kegiatan yang dipusatkan pada Aula SMK Negeri 3 Buru Selatan, Kecamatan Namrole, Pak Agung nama akrab yang di sapa oleh masyarakat Buru Selatan, di minta untuk memberikan materi “Pendidikan Karakter dan Wawasan Kebangsaan”, dalam rangka kegiatan MPLS Tahun 2023. Kegiatan yang di selenggarakan secara bersama, oleh Kantor Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Khusus Kabupaten Buru Selatan Propinsi Maluku, dan SMK Negeri 3 Buru Selatan.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), di Aula SMK Negeri 3 Buru Selatan, di laksanakan pada hari Selasa Tanggal 18 Juli 2023, Pukul 10 : 00 WIT.

Kegiatan MPLS tersebut, di hadiri oleh; Kapolres Buru Selatan, AKBP. M. Agung Gumilar S.I.K., Kepala Seksi Pendidikan Menengah dan Khusus, Bpk. I. Lautloly, S.Pd. M.Pd., Kepala Sekolah SMK Negeri 3, Buru Selatan dan Para Dewan Guru serta siswa/i baru peserta MPLS yang berjumlah 110 orang.

Materi yang di bawakan oleh Kapolres Resort Buru Selatan, adalah ; “Pembinaan karakter dan wawasan kebangsaan, bagi siswa tingkat menengah atas, guna mendukung pembangunan nasional pada Era Revolusi Industri (4.0), dalam rangka harkamtibmas”.

Pak Agung, juga menjelaskan ke siswa/i peserta Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), tentang terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat, merupakan tuntutan dan harapan masyarakat yang perlu untuk diwujudkan oleh Polri, yang mana sesuai dengan UU Nomor 2 Tahun 2002.

Pak Agung, memaparkan di arena Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Aula SMK Negeri 3 Buru Selatan, Bahwa ;
“Karakter adalah seperangkat sifat, yang selalu dikagumi dan menjadi tanda-tanda kebaikan, kebajikan dan kematangan moral seseorang”.

Lanjut beliau,,,, Secara etimologi, istilah karakter dari bahasa Latin, yaitu; “CHARACTER”. Yang berarti; tabiat, sifat-sifat kejiwaan, budi pekerti, kepribadian serta ahlak seseorang.
Beliau menambahkan, Bahwa ; Adapun nilai-nilai yang terkandung, dalam pembentukan karakter, yaitu ;
Agama, Kejujuran, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Kemerdekaan, Demokrasi, Rasa ingin tahu dan Semangat Kebangsaan.

Pak Agung, selaku pemateri, juga menyampaikan defenisi dari Wawasan Kebangsaan. “Adapun untuk defenisi Wawasan Kebangsaan adalah; “Sebuah cara pandang bangsa Indonesia, mengenal diri dan tanah airnya sebagai negara, yang mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, bernegara dan bmasyarakat”.

Pak Agung melanjutkan,,,,, Tujuan daripada memahami secara baik dan benar, “Wawasan Kebangsaan” adalah ; Agar kita secara bersama, dalam satu pola pikir yang sama (Konsensus Nasional), “Untuk mewujudkan mekanisme yang tinggi, dari segala aspek kehidupan rakyat Indonesia, dengan mengutamakan kepentingan nasional, daripada kepentingan perorangan, kelompok golongan, suku bangsa atau daerah”. Kepentingan-kepentingan tersebut tetap di hargai, sepanjang tidak bertentangan dengan Kepentingan Nasional Rakyat dan Bangsa Indonesia.

Kapolres Resort Buru Selatan AKBP. M. Agung Gumilar, S.I.K., menyimpulkan materinya ;
– Dengan terbentuknya karakter generasi muda Buru Selatan yang berkualitas, dan disertai dengan “Ideologi Wawasan Kebangsaan” yang berlandaskan pada, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, maka pembangunan Nasional akan terdukung dan berkembang maju, dan khususnya di Kabupaten Buru Selatan ini.
– Pembangunan, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik di sektor ekonomi, SDM, modernisasi, tekhnologi, pendidikan, dan lain sebagainya. Sehingga efek positif tersebut, juga berpengaruh terhadap kualitas pertahanan dan keamanan, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penyampaian materi, di lanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pemaparan materi yang disampaikan oleh Pak Agung, selaku Kapolres Resort Buru Selatan, di tutup dengan pemberian hadiah kepada 10 (Sepuluh) siswa/i peserta MPLS, yang dapat menjawab pertanyaan dari beliau.(Hms).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini