Namrole, Media Purna Polri _ Pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), di gelar oleh Kantor Cabang, Dinas Pendidikan Menengah dan Khusus Kabupaten Buru Selatan. Kegiatan di laksanakan pada hari Senin, Tanggal 17 Juli 2023 Pukul 09 : 00 WIT, di Aula SMA Negeri 7 Namrole. Kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah yang di gelar bertemakan :
“WUJUDKAN RASA PERSAUDARAAN, BANGKITKAN JIWA KREATIF, INOVATIF Dan RAIH PRESTASI Di MASA DEPAN”,

Gelar kegiatan tersebut, di buka oleh Kepala Kantor Cabang, Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Kabupaten Buru Selatan Propinsi Maluku, Ny. Cornelia Loppies, S.Sos. M.Si.

Turut hadir pada kegiatan yang diselenggarakan, oleh Kantor Cabang DISDIK Menengah dan Khusus, Kabupaten Buru Selatan antara lain ;
– Kapolres Buru Selatan, AKBP. M. Agung Gumilar, S.I.K.
– Kepala Sekolah SMA Negri 7 Namrole, La Ampo, S.Pd.
– Kasat Binmas Polres Buru Selatan, IPTU. Bakhtiar Teppo.
-Kasat Samapta Polres Buru Selatan, IPTU. Sonny Ohello.
-Kasat Intelkam Polres Buru Selatan, IPTU. Taufik.
-Para Dewan Guru, SMA Negeri 7 Buru Namrole.

Peserta atau siswa/i pendaftar baru di SMA Negeri 7 Namrole, yang hadir untuk mengikuti kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah, sebanyak 281 orang siswa/i.

Susunan acara masa pengenalan lingkungan sekolah yang di laksanakan sbb :
– Lagu Indonesia Raya
– Laporan Ketua Panitia MPLS
– Sambutan Kepala Kantor Cabang Dinas pendidikan Menengah dan pendidikan Khusus Kabupaten Buru Selatan.
– Penyematan tanda peserta.
– Janji peserta MPLS.
– Himne Guru.
– Mars SMA Negeri 7 Namrole
– Materi

Pukul 09 : 50 WIT, kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah, dilanjutkan dengan pemberian atau pembekalan materi, yang di bawakan oleh para pemateri atau narasumber.

Kapolres Buru Selatan, AKBP. M. Agung Gumilar, S.I.K., diperkenankan untuk memberikan materi, bagi peserta masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) SMA Negeri 7 Namrole, dengan judul materi :
“Pembinaan Karakter, dan Wawasan Kebangsaan Bagi Siswa, Guna Mendukung Pembangunan Nasional di Era Revolusi Industri (4.0), Dalam Rangka Harkamtibmas”.

Pada pemaparan materi yang di sampaikan, Gumilar mengawalinya dengan seputar permasalahan generasi muda, yang dapat mempengaruhi upaya untuk mendukung pembangunan Nasional, di Era Revolusi Industri (4.0) dalam rangka Harkamtibmas.

Salah satu faktor yang turut menyumbang, atau mempengaruhi secara signifikan atas keterlibatan generasi muda kita dalam menyongsong Era Revolusi Industri (4.0), pada tataran konsep Pembangunan Nasional Bangsa ini adalah, KARAKTER dari generasi muda kita.

Untuk itu, lanjut Gumilar,,,, Dalam rangka mensukseskan bangsa ini, untuk memiliki generasi muda dengan “daya tahan” yang kuat, guna menyongsong Era Revolusi Industri (4.0) pada konsep Pembangunan Nasional kita secara “utuh, komplit dan sempurna”, maka sangatlah penting untuk kita tanamkan kepada generasi muda kita, Nilai-nilai keluhuran yang telah di wariskan dan digariskan oleh para pendahulu bangsa ini.

Nilai-nilai keluhuran yang saya maksudkan, pada konteks materi yang saya sampaikan di kesempatan ini, adalah; Nilai spritualitas atau Nilai Keagamaan, Kejujuran, Toleransi, Kedisiplinan, Kerja keras, Kreatif, Inovatif, Kemerdekaan, Demokrasi, Rasa ingin tahu yang tinggi, serta Nilai semangat kebangsaan.

Wawasan Kebangsaan adalah, sebuah cara pandang Bangsa Indonesia, mengenai jati diri sendiri dan tanah airnya, sebagai negara yang mengutamakan persatuan dan kesatuan, dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat, jelas Gumilar dalam paparan materinya.

Pengaruh dari perkembangan lingkungan strategis, pada era modern seperti yang saat ini kita rasakan, sangatlah relevan untuk kita mengaplikasikan nilai-nilai luhur warisan dari para pendahulu kita. Nilai-nilai luhur yang telah saya sampaikan tadi, sangatlah berguna bagi generasi muda kita dalam menjalani kehidupan keseharian mereka, sebagai pelanjut estafet kepemimpinan, dan pembangunan negara ini.

Lingkungan yang saya maksudkan adalah, lingkungan sekolah, lingkungan pekerjaan serta lingkungan pergaulan masyarakat bahkan sampai pada lingkungan pergaulan dengan masyarakat internasional. Sekolah, adalah satu dari sekian wadah yang tersedia bagi kalian generasi muda, untuk dapat “menggembleng” diri kalian, guna mewujudkan secara konkrit cita-cita pribadi dan cita-cita mulia dari bangsa kia ini.

Saya berharap, kalian sebagai generasi muda untuk cepat belajar dan cepat memahami, setiap perubahan dari zaman atau era yang akan kalian hadapi, di hari-hari mendatang. Kalian, generasi muda yang saat ini lagi di gembleng, atau di bina oleh SMA Negeri 7 Namrole, kalian bersedia atau tidak bersedia, kalian adalah pelanjut dari apa yang saat ini sedang kita kerjakan. Maka untuk itu, persiapkan diri kalian dengan sebaik-baiknya, demi mencapai cita-cita mulia dari para pendiri bangsa ini, untuk “Mewujudkan Masyarakat Adil Makmur Yang diRidhoi Oleh Tuhan Yang Maha Kuasa”. Menutup materi yang saya sampaikan ini, Closing Statement saya bagi kalian peserta MPLS SMA Negeri 7 Namrole,

“Jangan Pernah Lupa, Dengan Misi Suci Pendahulu Kita, Untuk Mendirikan NKRI ini”

Jadikan itu lanjut Gumilar,,,,, sebagai “Cambuk Semangat” bagi kalian, untuk meraih cita-cita.
Selamat atas diselenggarakannya “Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah”, semoga kalian menikmatinya., Ucap Kapolres.

Sementara itu, perwakilan dari Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Menengah, dan Khusus Kabupaten Buru Selatan, juga di beri kesempatan untuk memaparkan Materi seputar,
– Pengenalan potensi diri bagi siswa baru dan asesmen diagnosis.
– Wawasan Wityamandala dan penyampaian Visi-misi, program sekolah, kegiatan sekolah, cara belajar dan tata tertib.
– Fasilitas sarana dan prasarana sekolah, dan pengenalan Stakholder lainnya
– Etika dan tata Krama.

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan MPLS adalah, sebagai sarana untuk mengenalkan lingkungan sekolah, baik dari segi fasilitas maupun aturan serta pembiasaan aturan, yang berlaku pada sekolah.

Pelaksanaan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), akan di laksanakan selama 3 (Tiga) hari.
(Hms).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini