Polres Cimahi,Polda Jawa Barat – Tengah berlangsung Aksi Unjuk Rasa dari Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPL-FSPMI) Kota Cimahi,di depan PT. Rajawali Hiyoto Jalan Industri II No. 08 Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi,Selasa (24/01/2023) Pukul 07.30 Wib.

Pengamanan pun dilakukan oleh anggota Polsek Cimahi Polres Cimahi Polda Jawa barat guna mengantisipasi dan menjaga keamanan selama aksi berlangsung.

Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono S.H., S.I.K.,M.H.,CPHR.Menugaskan Kapolsek Cimahi Selatan KOMPOL Caca Supriatna,SH untuk melakukan pengamanan selama aksi berlangsung.

Aksi Unjuk rasa kali ini diikuti Lebih kurang 50 Orang dengan penanggung jawab Bpk. Asep Supriatna (Ketua PC. SPL-FSPMI) Kota Cimahi dengan Tuntutan Pekerjaan Kembali Pengurus PUK PT. Rajawali Hiyoto yang di PHK.

Massa dari Serikat FSPMI Kota Cimahi mengawali aksi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya,dilanjutkan melaksanakan Orasi dengan Inti penyampaian “Pekerjaan Kembali 7 Orang Pengurus PUK dan 2 Orang Anggota SPL FSPMI Kota Cimahi yang di PHK oleh Pihak Management PT. Rajawali Hyoto”

Pengurus Serikat FSPMI Kota Cimahi melaksanakan Audiensi/Mediasi dengan pihak Management PT. Rajawali Hyoto.Dalam forum audiensi ini Bpk. Toto selaku HRD Hubungan Industrial PT. Rajawali Hyoto menuturkan Saya selaku HRD Hubungan Industrial PT. Rajawali Hyoto mewakili perusahaan ingin menyampaikan bahwasanya kronologis adanya pemberhentian pekerja ini dikarenakan produksi saat ini menurun,

terlebih pada saat tingginya pandemi/Wabah Covid-19,Dikarenakan Kondisi perusahaan saat ini Produksinya sedang menurun,sehingga Perusahaan harus mengefisiensikan Pegawai, maka dari itu pada Bulan Desember 2022 Perusahaan mengambil langkah untuk memberhentikan beberapa pegawai (PHK) dibagian Produksi dan Sebelum kami mengambil langkah untuk memberhentikan Karyawan (PHK),Kami telah melakukan segala cara agar perusahaan ini dapat/bisa bertahan,salah satunya dengan cara mengeluarkan sebagian Management,dan tidak menaikan gaji para Staf, terangnya.

Ibu. Neli sebagai RD Personalia PT. Rajawali Hyoto menyampaikan,Pertama-tama kami ingin menyampaikan bahwa perusahaan Tidak Anti Serikat (Union Busting),Akan tetapi dikarenakan kondisi perusahaan saat ini tidak memungkinkan, untuk menyelamatkan perusahaan harus ada karyawan yang diberhentikan (PHK) atau efisiensi pekerja,Terkait permintaan agar para pengurus PUK SPL FSPMI dipekerjakan kembali,dengan Segala kerendahan hati perusahaan tidak bisa mengabulkan permintaan tersebut,pungkasnya.

Bpk. Asep Supriatna sebagai etua PC. SPL FSPMI Kota Cimahi mengatakan,Apabila pihak perusahaan tidak dapat mengabulkan permintaan Kami yaitu mempekerjakan kembali pengurus PUK SPL FSPMI yang di PHK oleh PT. Rajawali Hyoto,Kami akan melanjutkan Aksi, sesuai dengan surat pemberitahuan.

Setelah menemui jalan buntu,Massa dari SPL FSPMI Kota Cimahi kembali melaksanakan Orasi dan bertahan di Depan PT. Rajawali Hyoto.

Kemudian Pengurus Serikat FSPMI Kota Cimahi melaksanakan Audiensi/Mediasi yang ke dua kali dengan pihak Management PT. Rajawali Hiyoto dan di hadiri dari Dinas Pekerjaan Disnaker Kota Cimahi)

Dalam Audensi tersebut belum ada titik temu antara Serikat FSPMI kota Cimahi dengan Perusahaan PT. Rajawali Hiyoto yang akhirnya dari pihak PUK SPL FSPMI akan mengadakan *Demo Kembali* dan sekitar pukul 17.00 Wib pendemo dari serikat pekerja FSPMI membubarkan diri dalam situasi aman kondusif.

Kapolsek Cimahi Selatan KOMPOL Caca Supriatna, SH ketika ditemui menuturkan, pengamanan aksi unjuk rasa kali ini alhamdulillah berjalan dengan aman dan tertib, aspirasi rekan – rekan buruh telah tersampaikan walau belum mencapai kata sepakat,semoga saja ada keputusan yang tidak memberatkan kedua belah pihak,tuturnya.

(Verry_Hms)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini