Lembang.MPP – Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata melakukan kunjungan kerja ke Kampung Cihideung, Desa Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, karena tertarik oleh informasi Mesin Pengolah Sampah inovasi Pangdam III/Siliwangi.

Hal ini disampaikan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen kepada awak media di Media Center Pendam III/Siliwangi Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung, Jabar, Jum’at (20/01/2023).

Lanjut dikatakannya bahwa Dandim bersama unsur Forkopimda Kota/Kabupaten Tasikmalaya pada hari Kamis (19/01/2023) datang ke Lembang untuk menyaksikan langsung mesin tersebut.

“Dalam kunjungannya, Dandim 0612/Tasikmalaya sengaja mengajak unsur Forkopimda Kota/Kabupaten Tasikmalaya untuk melihat secara langsung mesin pengolah sampah Inovasi Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo yang telah dilaunching di Lembang Kabupaten Bandung Barat beberapa waktu lalu,” jelas Kapendam Letkol Inf Adhe Hansen.

Dalam kesempatan itu Dandim 0612/Tasikmalaya dan rombongan menyaksikan langsung cara kerja dan cara mengoperasionalkan mesin pengolah sampah yang terdiri dari mesin pencacah sampah, pencetak briket dan pelet, pencuci plastik dan kompor Biomassa dan Kompor Bara Api (Kobara).

Terpisah, Dandim 0612/Tasikmalaya menyampaikan bahwa, sampah yang selama ini dibuang di mana saja oleh warga masyarakat dan berserakan di mana-mana, ternyata dengan mesin pengolah sampah inovasi Pangdam III/Siliwangi mempunyai manfaat dan nilai ekonomi.

Dengan adanya mesin pengolah sampah tersebut dapat mengatasi masalah penumpukan sampah di setiap TPS, dan berharap dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya di Kota Tasikmalaya dalam mengatasi permasalahan sampah, tuturnya.

“Alhamdulillah berkat inovasi Pangdam III/Siliwangi sampah yang tadinya tidak berguna sekarang menjadi sangat bermanfaat dan hasilnya sampah yang diolah bisa sebagai bahan bakar,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut turut hadir Penjabat (Pj) Walikota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah dan Bupati Tasikmalaya yang diwakili oleh Kabid LH Kabupaten Tasikmalaya.
Dwibens/uje_hms

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini