Jakarta,MPP – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengapresiasi perhatian dan komitmen Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan seluruh jajarannya dalam menindak para pelaku dugaan pemerkosaan terhadap seorang anak di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

“Saya sangat tersanjung atas perhatian dan komitmen Pak Kapolri beserta seluruh jajaran yang dengan cepat menindak para pelaku pemerkosaan,” kata Sahroni dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, penyelesaian kasus tersebut sudah tampak janggal, bahkan tidak pantas diselesaikan dengan jalan damai, karena tidak ada penerapan keadilan restoratif untuk tindakan pemerkosaan.

“Tidak ada restorative justice untuk tindakan biadab seperti itu,” tegasnya.

Selanjutnya, Sahroni menyoroti langkah-langkah yang harus diambil oleh seluruh jajaran kepolisian di daerah ketika menemukan kasus serupa.

Menurut dia, ketidakadilan seperti dalam kasus dugaan pemerkosaan terhadap seorang anak perempuan berusia 15 tahun oleh enam orang di Brebes itu mungkin saja telah banyak terjadi, tetapi tidak semuanya bisa mendapatkan sorotan yang sama di media sosial.

“Saya khawatirkan kasus-kasus seperti ini banyak terjadi di luar sana dan tidak mendapat sorotan. Jadi, saya minta seluruh jajaran kepolisian terus peka terhadap situasi-situasi semacam ini,” kata Sahroni.

Dia juga mendorong Polri segera melakukan intervensi jika ditemukan unsur-unsur ketidakadilan dalam penyelesaian suatu kasus.

“Segera intervensi jika terjadi unsur-unsur ketidakadilan. Jangan sampai korban malah semakin dirugikan,” tambahnya.

AD1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini