MEDIA PURNA POLRI – KAB. BANDUNG – Curah hujan yang begitu ektrem dan debit air Sungai Citarum meningkat di wilayah Sektor 7 Satgas Citarum berdampak beberapa di wilayah mengalami bencana banjir. Dampak lain juga tanaman yang berada di bantaran sungai pun hampir mengalami kegagalan tumbuh dengan baik. Namun demikian anggota jajaran Sektor 7 masih bisa merasakan panen walaupun tidak maksimal. Perlu diketahui lahan bantaran sungai di wilayah Sektor 7 dimanfaatkan untuk berkebun atau bercocok tanam dan tempat membudidayakan berbagai macam ikan sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan bagi wilayah setempat.

Jajaran Sektor 7 seperti Sub 01, Sub 03 dan Sub 06 terdiri dari para anggota Sub Sektor, para Relawan Citarum dan warga masyarakat terutama Ibu-ibu KWT (Kelompok Wanita Tani) melaksanakan kegiatan panen kacang tanah, panen sayuran sosin dan sayuran pakcoy di Sub Sektor nya masing-masing. Sub 01 Dayeuhkolot dibawah pimpinan Dansub Serma Erfin melaksanakan panen kacang tanah dengan hasil panen 45 Kg, Sub 03 Cangkuang dibawah pimpinan Dansub Serma Ayi Daud melaksanakan panen kacang tanah dengan hasil panen 40 Kg, Sub 06 Bojongmalaka dibawah pimpinan Serda Bagyo melaksanakan panen sayuran sosin dan sayuran pakcoy 55 Kg.
Menurut Dansub Serma Erfin bahwa hampir gagal panen dikarenakan hujan yang terjadi hampir setiap hari disamping itu juga wilayahnya sering banjir bila curah hujan dalam waktu lama. Namun demikian setiap ada kesempatan tidak hujan selalu proritas pemeliharaan tanaman di lahan bios nya agar apa yang ditanam bisa panen walau tidak maksimal. Tidak ketinggalan penggunaan pupuk selama ini menggunakan cairan Bios 44 yang sudah terbukti yakni masa panen lebih cepat dari biasa nya dan hasil panen juga lebih maksimal.

Dengan memperhatikan protokol kesehatan anggota Sub 01, Sub 03 dan Sub 06 serta warga masyarakat terutama Ibu-ibu KWT melaksananakan kegiatan panen di Sub Sektor nya masing-masing. Mereka dengan antusias dan semangat serta bangga akan kehadiran Sektor 7 Satgas Citarum di wilayah mereka, karena hal ini bisa membawa manfaat bagi warga masyarakat yang ada di sekitar bantaran Sungai Citarum, terutama Sungai Citarum menjadi bersih, lingkungan juga bersih dan lahan bantaran Sungai Citarum dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam atau berkebun yang bisa membuahkan hasil. (Benson)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini