MEDIA PURNA POLRI,BEKASI- Acara yang di gelar Pusterad yang bertemakan”Refleksi Peran Media masa dalam kegiatan teritorial TNI AD” dilaksanakan di Bekasi tepatnya di Hotel Horizon Bekasi.

Danpusterad Letjen TNI.Teguh Arif I,SE.MM. dalam sambutannya mengatakan kegiatan sarasehan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan baik antara kedua belah pihak yaitu jajaran TNI AD dengan Insan media untuk bekerja sama memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia.

Nara sumber dari Kementrian Kominfo RI yaitu Dirjen IKP..Usman Kansong mengatakan kita dalam era demokrasi ini pers adalah pilar ke empat dalam demokrasi,Kementrian Kominfo berupaya menyediakan fasilitas untuk berkomunikasi khususnya jaringan internet.

Saat ini penyebaran berita hoaks dalam media sosial mendominasi kabar berita yang berada di media sosial tersebut.
Untuk menjalankan amanat UU ITE No.19 Th 2016 maka Kominfo pernah melakukan pemutusan jaringan internet.
Kominfo pernah melakukan pemutusan jaringan internet untuk telegram karena penyampaian informasi mengandung terorisme dan radikalisme.
Dari hasil penelitian beberapa lembaga survei dalam dan luar negeri kebebasan atau kemerdekaan Pers di Indonesia cukup bagus.

Media masa adalah sumber informasi bagi masyarakat sekaligus menjadi tempat edukasi , hiburan serta kontrol sosial.

Prof.DR.K H Muhamad Nuh yang merupakan ketua Dewan Pers dan menjadi Nara sumber dalam pemaparannya mengatakan Pers harus setia pada Bangsa dan Negara serta setia pada Kebenaran,itu sebabnya Pers memerlukan kredibilitas informasi dan mencerdaskan kehidupan Bangsa menuju kejayaan Indonesia 2045
Untuk itu kita harus membangun narasi dan kebersamaan menuju kejayaan Indonesia tersebut,dimana kekuatan ada di kita dan bukan di saya, di tahun 2045 bangsa kita ini jumlah penduduk produktif mencapai 70% dan optimis Bangsa ini menuju kejayaan Indonesia.

Sebagai insan media harus dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dan jangan mau di adu domba.apapun yg kita lakukan harus dapat melindungi seluruh tumpah darah Indonesia dan turut memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan Bangsa.

Pers harus bisa melihat jauh kedepan bisa mewujudkan percepatan dalam melakukan perubahan.harus mampu menyediakan data knowlage society.

Untuk itulah jurnalis harus dapat meningkatkan kemampuan dalam kompetensinya kalau perlu di buat jurnalis spesial.Dewan Pers mendukung kemitraan khusus antara TNI AD dengan Jurnalis .karena wartawan harus mampu menguraikan persoalan serta mengetahui permasalahan dan apa yg harus di lakukan.Sebagaimana perinsip dasar komunikasi.

Insan Pers harus memiliki etika sehingga mampu mengutamakan keunggulan budaya dengan bersumber pada nilai nilai agama,Dengan keberagaman tradisi dan budaya indonesia.Sehingga pemberitaan media masa harus berbasis data dan informasi yang benar.

Untuk mewujudkan bonus demografi di tahun 2045 salah satu kuncinya adalah mencerdaskan generasi bangsa,disinilah peran penting media masa saat ini,tegasnya. (JD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini