Media Purna Polri Kab Bandung -Dansektor 7 Satgas Citarum telah melakukan pengecekan seluruh Sub-sub Sektor terkait segala upaya dalam menghadapi musim penghujan. Sedia Payung Sebelum Hujan, peribahasa yang tepat buat Sektor 7 dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Wilayah Sektor 7 yang merupakan langganan banjir adalah Dayeuhkolot dan Andir. Sudah ada upaya dari Pemerintah dalam mengatasi banjir tersebut seperti adanya pembangunan kolam retensi di Andir dan pembangunan polder-polder seperti di Andir, Ex Mayonzipur 3, Bojongasih dan Cijambe.

Kolonel Inf Jefson Marisano selaku Dansektor 7 Satgas Satgas Citarum juga melakukan upaya langkah-langkah seperti pengecekan pengerukan sedimentasi dan penataan bantaran Sungai Citarum, yang saat ini dilakukan di Desa Cangkuang Wetan Kecamatan Baleendah dan di Desa Pangauban Kecamatan Katapang Kabupatan Bandung. Menurut Dansektor 7 pengecekan ke setiap Sub-sub Sektor untuk mengetahui progres yang dilakukan oleh anggota di lapangan dalam penanganan anak-cucu sungai yang muaranya ke Sungai Citarum. Baru saja Dansektor 7 melakukan pengecekan kondisi anak Sungai Cipalasari di Kampung Bojongasih Desa Dayeuhkolot, untuk memberikan support dan semangat kepada para anggota nya yang sedang membersihkan anak sungai tersebut. Para anggota Sektor dan para Relawan Citarum sudah beberapa hari ini focus bersih-bersih anak Sungai Cipalasari tersebut. Dikarenakan bila musim hujan tiba selalu banjir sehingga perlu antisipasi pencegahan banjir. Apabila aliran air anak Sungai Cipalasari dan Sungai Citarum naik inilah yang membuat rumah-rumah sekitarnya kebanjiran. Semoga saja pembangunan polder cepat selesai akhir tahun ini dengan harapan tidak terjadi banjir lagi.

Dalam mengantisipasi banjir juga Sektor 7 sudah siap dengan 1 unit perahu Katamaran dan operatornya. Disamping itu juga Taman atau Saung dari masing-masing Sub Sektor yang berada di Bantaran Sungai Citarum juga bisa difungsikan sebagai tempat evakuasi. Dan tak kalah pentingnya terdapat 3 alat berat (Excavator) siap mendukung bila terjadi bencana. Dansektor 7 selalu mengingatkan para anggotanya agar selalu berdoa, jaga kesehatan dan selalu perhatikan faktor keamanan selama melaksanakan tugas sebagai Penjaga Sungai Citarum.

(Reporter : Robin/Benson)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini