MPP Ciamis – Tren kejahatan pada saat menjelang lebaran biasanya meningkat, seolah menjadi ritual berulang dengan berbagai modus yang marak terjadi tiap tahun, mengincar korbannya dari berbagai lapisan masyarakat. Tak luput toko kelontong atau kios rokok pinggir jalan menjadi korban kejahatan pencurian.

Contoh korban kejahatan terjadi di salah satu toko yang ada di jalan panoongan RT 027 RW 06 Kedusunan Panoongan Desa Kertaraharja Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis, pada hari kamis 29 April 2021 sekira jam satu dinihari. An, pedagang yang menjadi korban dan beberapa warga yang sedang berada di lokasi kejadian menceritakan ada pelaku kejahatan yang turun dari motor bernomor polisi Z 6575 VQ warna putih merah. Ciri-ciri orang tersebut bertubuh tinggi, berkulit hitam, berpakaian rapih dan memakai helm. Modusnya adalah pelaku berpura-pura membeli beberapa jenis barang berupa 5 rokok jarum super, serenteng kopi kapal api, serenteng indocafe cofeemix dan 5 dus Aqua.

Cara kejahatan yang dilakukan pelaku adalah pertama-tama meminta 5 bungkus rokok kepada An, kemudian An mengeluarkan 5 bungkus rokok yang diminta dan menyodorkan kepada pelaku di atas meja etalase, kemudian pelaku meminta 1 renteng kopi kapal api, An berbalik mengambilkan barang yang diminta dan kembali menaruhnya di meja etalase, kemudian pelaku meminta lagi indocafe cofeemix 1 renteng, An kembali berbalik untuk mengambilkan barang tersebut, dan terakhir si pelaku meminta aqua gelas 5 dus. An mengatakan tidak mempunyai aqua sebanyak 5 dus, hanya mempunyai 3 dus saja. Mendengar jawaban An yang hanya mempunyai 3 dus, si pelaku membatalkan pesanannya.

Kemudian pergi dengan motornya.
Setelah pelaku pergi, An baru tersadar bahwa dia telah menjadi korban tindak kejahatan. Pasalnya ternyata pelaku menukarkan5 bungkus rokok jarum super dagangan An dengan 5 bungkus jarum super berisi kerikil dan daun. Kemungkinan pelaku menukarkan 5 bungkus rokok jarum super milik An dengan 5 bungkus jarum super berisi daun dan kerikil miliknya saat An berbalik mengambilkan barang pesanan palsu si Pelaku.

Dengan kejadian yang dialami oleh An, hendaknya masyarakat meningkatkan kewaspadaan saat menjelang Lebaran. Tidak menutup kemungkinan kejadian yang dialami oleh An menimpa warga masyarakat lainnya dengan kerugian materiil yang lebih besar.

Kepada pihak berwajib diharapkan meningkatkan himbauan kewaspadaan dan giat patroli untuk menekan tingkat kejahatan dan meningkatkan perlindungan terhadap masyarakat dari kejahatan.
(Andri zipo)

Loading...
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini