MEDIA PURNA POLRI,SUBANG – Terletak di wilayah pemukiman yang cukup padat ,tepatnya di Rt 27 Rw 08 Kelurahan Kalijati Barat Kecamatan Kalijati Masjid Al-Firdaus Akbar itu berada.

Salah satu tokoh masyarakat Endang Yohanda menceritakan sejarah awal tentang keberadaan Masjid tersebut,bahwa dulu ada seorang Kyai yang bernama Masrip,beliau memiliki murid sekitar kurang lebih tujuh puluh anak yang menimba ilmu agama kepadanya.
Lalu ada seorang warga di lingkungan itu yang tergugah hatinya, di karenakan tempat mengaji kala itu hanyalah rumah kecil yang berbentuk panggung,akhirnya seorang warga itu Marto ingin mewakafkan rumahnya kepada Kyai Masrip untuk menjadikan rumah beliau tersebut sebagai Mushola tempat mengaji atau tempat menimba ilmu agama bagi Anak-anak didiknya,sehingga akhirnya dengan semangat gotong royong warga sekitar berdirilah Mushola Al-Akbar.


Seiring berjalannya waktu ada pula seorang warga yang bernama Ade putra dari Sakio (Purn TNI AU) yang juga sebagai tokoh masyarakat di lingkungan tersebut juga ingin mewakafkan rumah peninggalan orang tuanya,untuk di bangunnya sebuah Masjid.
Mendapatkan dorongan dari masyarakat dan beberapa tokoh agama akhirnya di bangunlah Masjid Al-Firdaus Akbar,berbicara tentang penambahan nama Firdaus sendiri itu sebenarnya nama cucunnya dari H.Suprayitno yang tidak lain beliau adalah Lurah di kala waktu itu dan juga bapak mertua Ade sendiri.tandasnya.

Sedangkan Narya Saputra (Purn TNI AU) menjelaskan bahwa memang betul dulu rumah ini milik Sakio (Purn TNI AU) dan di wakafkan untuk di bangun Masjid.
Sementara salah satu pengurus Masjid Al-Firdaus Akbar H.Wawan yang di temui awak Media sewaktu melakukan kegiatan di Masjid tersebut menyatakan bahwa kami atas nama warga mengucapkan terima kasih yang Sebesar-besarnya kepada H.Ujang Sobana yang bisa di katakan sebagai Putra Daerah Kabupaten Subang yang sudah memberikan bantuan seluruhnya untuk pembangunan Masjid Al-Firdaus Akbar,semoga beliau selalu di berikan kesehatan oleh ALLAH SWT. (Adi/Margono)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini