IMB Di Taliabu Belum Berlaku,Ini Alasannya 👇

149
views

Media Purna Polri,Taliabu – Izin Mendirikan Bangunan atau biasa dikenal dengan IMB adalah perizinan yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku.

IMB merupakan salah satu produk hukum untuk mewujudkan tatanan tertentu sehingga tercipta ketertiban, keamanan, keselamatan, kenyamanan, sekaligus kepastian hukum.

hal ini yang belum dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Maluku Utara, karena Ranperda Tata ruang saat ini masih dalam proses pengesahan oleh DPRD pultab. Sayangnya Perda nomor nomor 11 tahun 2016 tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Perda nomor 10 tahun 2016 tentang bangunan gedung belum dapat disosialisasikan.

Akibatnya, seluruh bangunan yang ada di Pultab dibangun tanpa IMB. Kerugiannya adalah penarikan retribusi tidak dapat dilakukan.

“Iya memang Perda nomor 11 tahun 2016 dan Perda nomor 10 tahun 2016 sudah ada tapi kami belum bisa melakukan sosialisasi karena kami masih menunggu Perda tata ruang yang saat ini masih berbentuk dokumen ranperda yang kayaknya sudah dibahas oleh DPRD, kata Kapala Bidang (Kabid) Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pultab Ilham Daeng Maitile kepada Wartawan Purna Polri Rabu (4/4/2018) sore tadi.

Kata Ilham sapaan akrab, bahwa Perda nomor 10 dan perda nompr 11 tahun 2016 dapat di sosialisasikan ke Masyarakat, kontraktor dan pengusaha lainnya setelah Ranperda Tata ruang terbentuk. Selain itu, pihaknya bakal menindak tegas dengan memberi sangsi berupa sangsi administrasi dan lain sebagainya yang sudah diatur dalam pasal-pasal perda tata ruang tersebut,” janji tegasnya. (Isto Uter)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini