MPP, Jakarta – Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Amerika Serikat H.E. Mr.James Norman Mattis beserta rombongan,Di Kantor Kemhan, Jakarta, Selasa (23/1/18).Kedatangan Menhan AS beserta rombongan disambut dengan Upacara Jajar Kehormatan yang dilakukan di Kemhan, Untuk selanjutnya kedua Menhan melakukan pembicaraan bilateral.

Dalam pertemuan tersebut kedua Menteri Pertahanan membahas berbagai hal, Antara lain,Visi Indonesia sebagai poros maritim dunia,Kerja sama bilateral dan multilateral di kawasan dalam Patroli Terkoordinasi Trilateral,Dan kerja sama our eyes.Pertemuan juga membahas keamanan informasi militer (GSOMIA) dan pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista),Serta kebijakan maritim.

Menhan RI meyakini hubungan yang baik ini akan terus ditingkatkan melalui komunikasi dan dengan adanya saling interaksi antara kedua negara.Selain itu dengan adanya pertemuan yang ketiga kali ini,Ikatan kerjasama antara kedua negara akan semakin erat sehingga dapat membuka peluang-peluang baru guna peningkatan hubungan kerjasama pertahanan kedua negara ke tingkat yang lebih tinggi.

Lebih lanjut Menhan RI berharap, Hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat di bidang pertahanan akan dapat memberikan sumbangan yang positif tidak saja bagi kepentingan nasional kedua negara,Tetapi juga bagi terpeliharanya keamanan,Perdamaian dan stabilitas kawasan serta tentu saja kesejahteraan masyarakat.

Indonesia dan Amerika sebelumnya sudah memiliki persetujuan kerjasama pertahanan,Yaitu Joint Statement in Comprehensive Defence Cooperation, Yang ditandatangani di Washington 26 Oktober 2015,Saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke AS.

Sebelumnya Menhan AS yang juga seorang purnawirawan Angkatan Bersenjata Amerika ini bertemu dengan Menlu RI Retno Marsudi yang membahas berbagai isu termasuk diantaranya isu mengenai Palestina dan Indo Pasifik. Selain bertemu Menhan RI,Menhan AS berkesempatan untuk bertemu dengan Presiden Jokowi dan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan RI.(JL/SG/ZF).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini