Media Purna Polri_Bandung – Bantaran Sungai Citarum yang berada di Wilayah Sektor 7 benar-benar dimanfaatkan oleh anggota Sektor 7 bersama warga setempat untuk melaksanakan kegiatan penanaman sayur-sayuran, palawija, hidroponik, apotik hidup dan budi daya ikan.

Pemanfaatan lahan di bantaran sungai Citarum ini dilakukan guna meningkatkan ketahanan pangan yang hasilnya nanti dapat dirasakan oleh warga masyarakat sekitarnya juga.

Kolonel Inf Jefson Marisano Dansektor 7 Satgas Citarum Harum bersama anggota Sub Sektor Andir serta warga masyarakat setempat melaksanakan kegiatan panen bawang merah bertempat di Subsektor Andir Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Selasa (6/4/2021).

Menurutnya, ” hal ini merupakan panen bawang merah yang kedua kalinya di bantaran Sungai Citarum tepatnya di Lahan Bios Sub Sektor Andir “.

Dansektor 7 juga mengatakan, kami bersama-sama masyarakat setempat untuk ikut panen bawang merah yang bertujuan agar masyarakat dapat manfaatnya dan mau terlibat dalam menjaga lingkungan sekitar tempat tinggalnya juga aktif dalam hal pemeliharaan sekaligus penanamannya.

“Penamanan bawang merah yang dilakukan oleh Sub Sektor Andir di bantaran Sungai Citarum bukan hanya sekedar memanfaatkan dan menjaga aliran Sungai Citarum saja tetapi juga merupakan bagian dari program ketersediaan pangan yang menjadi salah satu sumber kehidupan manusia. Selain itu juga untuk menunjang kebutuhan pangan masyarakat sekitarnya, ” jelasnya.

Pembelajaran yang diambil dari hasil panen bawang ini, sebagai bentuk edukasi dan penyadaran kepada masyarakat dalam setiap kegiatan panen selalu mengajak warga sekitar untuk turut panen. Sedangkan proses penanamannya menggunakan cairan Bios 44 sebagai suplemen untuk menyuburkan lahan pertanian.

Kali ini hasil panen bawang merah yang didapat dari lahan yang berada di bantaran sungai Citarum Sub Andir mendapatkan hasil lebih kurang 100 Kg. Dalam waktu yang tidak lama lahan bantaran sungai Sub Andir ini akan melaksanakan panen kacang tanah.

Benson/Santo/Pendam III/Siliwangi.

Loading...
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini