Media Purna Polri,Karawang – Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD) Kabupaten Karawang
menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada Karawang, Kamis siang (15/10/2020).

Ketua KPUD Kabupaten Karawang Miftah Farid  menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Karawang berjumlah 1.643.490 hak pilih terdiri dari partisipasi pemilih laki laki 823.722 dan partisipasi pemilih perempuan sebanyak 819.768.

Jumlah DPT tersebut berasal dari 30 Kecamatan yang terdiri dari 309 Desa dan Kelurahan yang terbagi menjadi 4.451 Tempat Pemungutan Suara ( TPS ).

Sementara rapat pleno terbuka ini  dipimpin langsung Ketua KPUD Miftah Farid dan didampingi 4 komisioner. Hadir juga Forum Komunikasi Kepala Daerah ( Forkompinda ),  Badan Pengawas Pemilihan Umun ( Bawaslu ) Karawang, perwakilan KPU Jabar, perwakilan dari Lembaga Pemasyarakatan(Lapas) Kelas II A Karawang, perwakilan  Disdukcatpil Karawang dan para Ketua PPK se Kabupaten Karawang serta Law Officer ( LO ) dari masing masing pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Karawang.

Ketua KPU Karawang Miftah Farid mengatakan, penetapan DPT ini dilakukan setelah petugas memverifikasi data pemilih di lapangan. Data pemilih tersebut ditetapkan dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku sesuai aturan sebanyak 1.643.490 orang.
Farid menuturkan data ini merupakan final setelah KPU mendapatkan rekomendasi dari berbagai pihak mengenai pemutakhiran data pemilih. Sebelum adanya perbaikan tercatat Daftar Pemilih Sementara yakni 1.646.961 orang.

“Rekomendasi yang diberikan Bawaslu melingkupi pertama kategori potensi data pemilih ganda, pemilih meninggal dunia, kemudian menikah tapi dibawah 17 tahun,”Ucap Farid dalam Rapat Pleno Penetapan DPT Pilkada Karawang dalam live streaming.

Farid menyebutkan DPT yang ditetapkan sudah hasil pemutakhiran atas rekomendasi perbaikan yang disampaikan Bawaslu. DPT ini terdiri dari jumlah pemilih laki-laki sebanyak 823.722 orang dan pemilih perempuan yakni 819.768 orang. Ia mengatakan 1,6 jutaan orang tersebut akan difasilitasi menyalurkan suaranya di 4.451 tempat pemungutan suara (TPS). TPS ini tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Karawang.

Menurutnya masih ada potensi pemilih tambahan yang terdata oleh KPU Karawang. Di antaranya warga yang belum melakukan perekaman KTP elektronik ataupun warga yang sebelum tanggal 9 Desember sudah berusia di atas 17 tahun.
“Potensi saudara kita ini yang pada 9 Desember genap 17 tahun harus kita fasilitasi. Sudah kita data ada sekitar 45 orang yang pada saat 9 Desember genap berusia 17 tahun. Ini juga kita kawal betul datanya. Kita akan fasilitasi hak politiknya,” ujarnya.

Farid menambahkan bagi masyarakat yang belum tercatat sebagai DPT tetap bisa menyalurkan hak suaranya dalam pelaksanaan Pilkada nanti. Namun harus sesuai dengan syarat dan ketentuan pemilih yang sudah diatur. Misalnya membawa KTP ataupun Surat Keterangan (Suket) perekaman KTP elektronik.

Liputan:Margono S.

Loading...
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini