Media Purna Polri,JAKARTA. – Sebanyak 26 orang wasit internasional (International Referee) dan 12 wasit nasional PBTI mengikuti program kepelatihan wasit dan penyegaran wasit yang diselenggarakan oleh World Taekwondo (WT) 10 – 11 Oktober 2020. Kegiatan yang dinamakan World Taekwondo Kyorugi Referee Refresher Course 2020 ini dilaksanakan secara daring karena masih dalam masa pandemic Covid – 19.

Menurut Ketua Komisi Perwasitan PBTI, Hand Prihatindra mengatakan program ini merupakan program pelatihan Online untuk Wasit Internasional Kyorugi, yang diikuti oleh peserta berbagai negara seperti Korea, Indonesia, Hongkong, Jepang, India, dan beberapa negara dari Benua Amerika dan Eropa. Jumlahnya mencapai 210 peserta dan Indonesia tercatat paling banyak mengirimkan peserta nya dibanding negara lain pada event kali ini yaitu sebanyak 26 peserta.

β€œKarena kegiatan ini berupa Online Course, maka para peserta mengikuti kegiatan dari tempat atau daerah asal masing masing, yakni DKI Jakarta (5 orang), Jawa Barat (11 orang), Banten (1 orang), Jawa Tengah (2 orang), DI Yogyakarta (2 orang), Kalimantan Timur (3 orang), Sumatera Barat (1 orang) dan Jambi (1 orang).” Terang Hand.

Ditambahkan Hand, dengan keiikutsertaan Wasit Internasional PBTI dalam kegiatan ini, para wasit diharapkan dapat mengetahui hal-hal yang paling baru, (update) dari Peraturan Pertandingan Kyorugi (Competition Rules). Dan setelah kegiatan ini, diharapkan dapat mentransformasikan pengetahuan yang didapat kepada para Wasit Nasional / Daerah di Pengprov nya masing-masing.

Sementara itu, terkait dengan hasil yang diperolah dari kegiatan tersebut, Irwan Nugraha Kurnia, selaku anggota Komisi Perwasitan PBTI yang juga sebagai salah satu peserta mengatakan, bahwa sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh WT, maka peserta para Wasit juga akan mendapat tambahan kredit +1 poin. Kredit poin ini jika telah mencapai jumlah tertentu maka akan berdampak pada Kenaikan Kelas Wasit di level Internasional. Disamping itu, menurutnya berita gembira lainnya adalah para peserta Indonesia berhasil menyelesaikan dengan hasil yang sangat baik. Wasit asal Indonesia berhasil meraih rata-rata nilai ujian akhir 85. Ini menandakan para peserta bisa menyerap ilmu dengan sangat baik dalam kegiatan ini.

Untuk diketahui, PBTI juga pada tanggal 17-18 Oktober 2020, akan mengirimkan sebanyak 12 Wasit Nasional atau calon Wasit Internasional dalam kegiatan Pre-Seminar β€œ WT Online Referee Training Program”. Kegiatan ini merupakan Syarat Wajib yang harus diikuti para kandidat Wasit Internasional jika ingin mengikuti WT Offline International Referee Seminar yang akan diadakan tahun depan.

Berikut Adalah Nama Wasit International PBTI dalam program WT Online Referee Refresher Course :

Irwan Nugraha Kurnia
Indra Mulia Ari Zoehri
Ina Febriana Sari Hard Putri
Sanny Harsono
Syamsul Bachri
FX. Herman ANdikara
Eko Kinaryanto
Alexander Widyantoro
Raphael J. Rosok
Fahrul Sani
Asep Santoso
Ferdiyansah
Tri Nurjanah
Irene Yosephine Saitu
Sabrina Wijaya
Thin Khie Tjhauw
Hari Kusmayadi
Benhard Nicolass Lumowa
Mukhlis Ba Alwi
Irmawati
Handrianto
Riszky Purwadentafa
Mulyadi
Ahmad Yusuf Mendayun
R. Iman Soenarto Koesoemo
26 Benny Handoyo Purbo. //(JD)

Loading...
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini