Media Purna Polri, Kepsul – Himpunan Pelajar Mahasiswa Sula (HPMS) Cabang Ternate mendesak, Penyidik Polda Maluku Utara (Malut) agar segera menetapkan Direktur PT.Kristi Jaya Abad, Irwan Hongarta sebagai tersangka dalam waktu dekat.

Ketua HPMS Cabang Ternate Armin Soamole, melalui pres rilis yang diterima media ini, Senin (13/7/2020).

Armin mendesak, Polda Malut segera tetapkan Ipara Kandung Bupati Hendrata Theis (HT), Irwan Hongarta sebagai tersangka atas proyek pembangunan jembatan air bugis di Desa Auponhia, Kecamatan Mangoli Selatan, Kepulauan sula.

“proyek pembangunan jembatan air bugis yang dikerjakan oleh PT.Kristi Jaya Abadi milik Ipar kandung Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes, Irwan Hongarta dengan anggaran APBD 2017 senilai RP 4,2 miliar”katanya.

Lanjut Armin, proyek pembangunan jembatan air bugis yang dikerjakan oleh ipar kandung Bupati Kepsul Hendrata Thes kini sudah ditangani oleh penyidik Polda Malut pada Rabu 20 Maret 2019 lalu. Polda Malut juga telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah orang yang berkaitan dengan jembatan tersebut secara maraton.

“diantaranya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kepulauan Sula, M. Moh Lutfi, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Isnain Masuku, Kabid Anggaran pada Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Gina Tidore dan kontraktor Irwan Hongarta,”jelas Armin.

Pengacara muda ini merasa miris, jembatan yang menelan anggaran Miliaran rupiah tersebut hingga saat ini belum diselesaikan oleh pihak kontraktor. Anehnya lagi, jembatan itu saat ini terancam ambruk. Sebab, spek proyek pembangunan jembatan tersebut diduga tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB).

“Untuk itu, saya mendesak Polda Maluku Utara segera menetapkan kontraktor Irwan alias cuan sebagai tersangka atas kasus proyek jembatan air bugis. Sebab, anggaran yang dikucurkan ke jembatan air bugis cukup fantastis. Namun, jembatan tersebut tidak bisa dinikmati oleh warga. Polda segera tuntaskan kasus itu agar menjadi efek jera bagi yang lain di Kepulauan Sula,tutupnya.

(Isto)

Loading...
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini