MEDIA PURNA POLRI,KALSEL – Ditengah dampak Pandemi covid-19 masih belum berakhir, musim penghujan terjadi di wilayah Kabupaten Kotabaru, akibatnya sejumlah wilayah terdampak banjir, salah satunya diwilayah Desa Geronggang Kecamatan Kelumpang Tengah. Akibat banjir yang semakin meluas sehingga aktivitas masyarakat menjadi terganggu, karena jalan poros milik PT. Arutmin Indonesia Tambang Senakin yang sering dilewati warga mengalami kerusakan akibat meluapnya aliran sungai, merendam jalan serta puluhan rumah penduduk. Jumat 19 Juni 2020.

Ketika dikonfirmasi Awak Media Purna Polri melalui via WhatsApp salah satu warga Herpani menjelaskan, “rusaknya jalan tersebut karena dibawahnya terdapat gorong-gorong utama aliran air sungai yang tidak mampu dibuang kelaut, akibat hujan deras air meluap merendam jalan dengan ketinggian dari mata kaki sampai lutut kaki orang dewasa, “ucapnya.

Sepanjang jalan tersebut terdapat 4 titik gorong-gorong, akan tetapi tetap tidak mampu membuang air sungai yang debet airnya datang lebih banyak. Banjir ini selalu terjadi setiap musim penghujan. Dengan harapan agar pihak perusahaan bisa membuatkan bentuk jembatan agar banjir ini bisa teratasi, “harapnya.

Kepala Desa Geronggang Rian Hidayat Menyampaikan, “saya berharap agar pihak perusahaan segera memperbaiki jalan serta gorong-gorong yang rusak, atau kalau perlu ditambah lagi, sebab dampak banjir ini bukan saja merendam ruas jalan, akan tetapi juga merendam rumah-rumah penduduk dilingkungan RT. 04, “katanya.

Walaupun jalan itu merupakan milik perusahaan, akan tetapi juga sering digunakan warga beraktivitas setiap hari. Banjir sering terjadi akibat banyaknya sampah menyumbat gorong-gorong atau aliran air, ditambah lagi intensitas hujan yang semakin sering dan deras dibulan seperti ini. Kami sudah berupaya melakukan pembersihan secara swadaya bersama masyarakat dan sudah berupaya meminta bantuan pemerintah daerah agar dibantu fasilitas angkutan sampah dan lain sebagainya, “ungkapnya.

Sementara itu, beberapa kali dihubungi Awak Media Purna Polri melalui via telepon pihak manajemen perusahaan PT. Arutmin Indonesia Tambang Senakin belum bisa dikonfirmasi untuk dimintai keterangan resmi, sampai berita ini ditayangkan.

Penulis : Gusti Mahmuddin Noor.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini