MEDIA PURNA POLRI,KOTA BANDUNG- Dunia pendidikan telah mendapat alokasi anggaran 20 persen setiap tahunnya, tapi infrastruktur beberapa sekolah masih dalam kondisi buruk. Salah satunya adalah SDN 120 Kotabaru Regol Kota Bandung. Beberapa warga masyarakat mempertanyakan apakah tidak ada dana alokasi dari Dana Bos untuk infrastruktur sekolah ? Pertanyaan tersebut berkembang di masyarakat seiring beredarnya fotokopi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) SDN 120 Kotabaru Regol, karena masyarakat banyak yang tidak mengerti cara  membaca RKAS.

Team MPP yang mendapatkan RKAS tersebut mencoba menghubungi Kepala Sekolah SDN 120 Kotabaru Regol, namun yang bersangkutan tidak berada di tempat. Beberapa guru yang dimintai keterangan  tentang  RKAS tersebut terkait dengan perawatan infrastruktur sekolah tidak bersedia memberikan komentar apa-apa. “Tanyakan kepada Kepala Sekolah  langsung, kami tidak pernah diajak bermusyawarah mengenai penyusunan dan penggunaan anggaran Dana BOS”, ujar salah seorang guru yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Bendahara yang turut bertandatangan di RKAS tersebut juga tidak bersedia memberikan keterangan apa-apa ketika tim MPP meminta keterangan RKAS tersebut. “Saya hanya menjalankan apa yang diperintahkan oleh Kepala Sekolah, masalah detailnya harap tanyakan langsung kepada kepala sekolah”, katanya.

Karena tidak berhasil menemui Kepala Sekolah, redaksi MPP Perwakilan Jawa Barat meminta keterangan tentang RKAS tersebut kepada Kepala Sekolah melalui surat. Dalam surat balasan yang diterima oleh redaksi MPP bernomor 421.2/271/SD-KB/SK/X/2019, yang bersangkutan memberikan penjelasan bahwa selaku KPA telah menggunakan dana BOS sesuai dengan peruntukkan kebutuhan, realisasi di lapangan sesuai operasional berdasarkan RKAS yang tertera dalam Cekas dan laporan penggunaan BOS telah dilaporkan kepada pengelola BOS DISDIK Kota Bandung. Surat tersebut ditembuskan kepada Ka Disdik Kota Bandung dan Kabid P3TK.

Keterangan tersebut belum menjawab pertanyaan masyarakat, apakah tidak ada alokasi dari Dana Bos untuk infrastruktur sekolah ? Oleh karena itu tim MPP mencoba menghubungi Ka Disdik Kota Bandung. Namun hingga berita ini diturunkan, tim MPP belum berhasil menemui Ka Disdik Kota Bandung karena tidak pernah berada di tempat. (Tim MPP Jabar)

Loading...
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini