Media Purna Polri- Kalbar. Rumah visi Kepala Sekolah telah memiliki sistem dan perangkat seleksi calon Kepala Sekolah dalam bentuk pelatihan calon Kepala Sekolah yang diakhiri dengan uji kompetensi secara terpadu. Dengan sistem dan perangkat tersebut, rumah visi Kepala Sekolah telah berpengalaman membantu Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam menyelenggarakan seleksi calon Kepala Sekolah pada tanggal 9 s/d 11 Desember 2019 bertempat di Hotel Dangau Kubu Raya.

Pelatihan calon Kepala Aekolah diselenggarakan dalam rangka memberikan kesempatan kepada Guru profesional atau Guru potensial untuk memiliki kompetensi dalam bidang tentang menjadi Kepala Sekolah,  sehingga siap untuk memangku jabatan Kepala Sekolah secara profesional.

Spirit rumah visi Kepala Sekolah adalah,  menghantarkan Guru profesional menjadi Kepala Sekolah yang profesional. Kepala Sekolah profesional pastilah dari Guru yang berprofesional, akan tetapi Guru profesional tidak bisa secara otomatis menjadi Kepala Sekolah yang profesional. Untuk menjadi Kepala Sekolah yang berprofesional, seorang Guru profesional harus terlebih dahulu melalui program pendidikan dan pelatihan calon Kepala Sekolah profesional.

Kabid Guru dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya (Dr. H. Sukirman, M.Si) saat ditemui wartawan Media Purna Polri di dalam ruangannya beliau mengatakan, peserta seleksi di ikuti oleh 125 peserta yang terdiri atas: 95 calon dari SD dan 30 orang calon peserta dari SMP. Peserta yang mengikuti Diklat calon Kepala Sekolah dengan pola in service learning selama 70 jam pelajaran, on the job learning selama 200 jam atau setara dengan 3 bulan, kemudian pelaksanaan in service 2 dengan alokasi waktu 30 jam dengan kegiatan presentasi laporan hasil OJL.

Pelatihan calon Kepala Sekolah yang dikembangkan oleh rumah visi Kepala Sekolah di fokuskan pada kepemimpinan pembelajaran. Tanggung jawab yang paling utama seorang Kepala Sekolah adalah, meningkatkan kualitas pembelajaran dan kesuksesan belajar dan pertumbuhan seluruh peserta didik, sebab fungsi utama sekolah adalah pembelajaran.

Oleh karena itu tugas utama kepala sekolah adalah, memimpin pembelajaran (instructional leader) di Sekolah. Ada 5 fokus materi pelatihan calon Kepala Sekolah yg disusun oleh rumah visi Kepala Sekolah, yaitu: (1) visi keberhasilan; (2) membangun budaya belajar dan pembelajaran; (3) manajemen sumber daya sekolah untuk proses belajar dan pembelajaran; (4) pelibatan seluruh pemangku kepentingan untuk pembangunan budaya belajar dan pembelajaran; dan (5) kepribadian ideal seorang Kepala Sekolah.

Rumah visi Kepala Sekolah telah mengembangkan kurikulum, silabus dan perangkat material pelatihan calon Kepala Sekolah. Dan seluruh perangkat tersebut, telah seringkali digunakan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Yayasan Pendidikan dan Lembaga Pendidikan. Walaupun demikian, semua material pelatihan tersebut di modifikasi seperlunya sesuai kebutuhan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Yayasan pendidikan dan Lembaga Pendidikan, atau peserta sebagai pengguna layanan jasa ini, sehingga seluruh kurikulum, silabus dan perangkat material tersebut makin berkualitas dari tahun ke tahun, serta memberikan jaminan bahwa calon Kepala Sekolah yang lulus mengikuti pelatihan tersebut pasti sukses besar ketika menjadi Kepala Sekolah. Perangkat material tersebut dikembangkan dengan memegang teguh prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa (andragogi).  (WH)

Loading...
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini