Media Purna Polri- Tangerang. Warga Masyarakat bersama unsur Muspika beserta TNI/Polri semenjak pagi Jumat (20/12/2019) telah menunggu kehadiran Walikota Tangerang H. Arief. R. Wismansyah untuk tiba di lokasi lomba kebersihan dan perawatan untuk, menghiasi taman sepanjang bantaran kali Jl. H. Kilin Rw .05 dan Rw .06 Kelurahan Batu Jaya, Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang. Setibanya Walikota Tangerang sekitar pukul 08.00. Wib di lokasi tersebut, maka beliau langsung meninjau dan menilai sebuah program yang di usung oleh Camat Batu Ceper H. Nurhidayatullah. S.Ip., M.Si sekaligus sebagai penanggung jawab kegiatan. Tamu dan hadirin yang hadir sebanyak kurang lebih 200 orang.Tema kegiatan adalah, “Semangat bebenah kampung dari warna aslinya, semoga semua sehat dan bahagia’’.

Program kerja unggulan terpadu dari Camat Batu Ceper (H. Nurhidayatullah. S.Ip., M.Si) dalam rangka meningkatkan kebersihan dan penghijauan di wilayah Batu Ceper Kota, maka program ‘’Cakepin Bantaran Kali Ayee‘’ telah di terapkan oleh unsur terkait seperti, Muspika Batu Ceper, Koramil 02 Batu Ceper, Polsek Batu Ceper, perwakilan perusahaan-perusahaan dan warga masyarakat sekitar, kegiatan dilakukan di sepanjang bantaran kali (Aliran Sungai sepanjang 950 M) Jl. H. Kilin Kelurahan Batu Jaya,  Kecamatan Batu Ceper Kota Tangerang.

Maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah, agar di wilayah Kecamatan Batu Ceper terlihat bersih dari sampah agar pemandangan menjadi indah di pandang mata dan bantaran kali tersebut lebih indah dan nyaman di mata warga masyarakat. Selanjutnya, pembersihan kali tersebut dapat membina seluruh warga masyarakat sekitar agar bisa merawat lahan pengairan dan tidak membuang sampah sembarangan di sepanjang kali Jl. H. Kilin tersebut.

Acara berlangsung dengan baik sekali, dengan situasi penyambutan bapak Walikota yang telah di siapkan oleh panitia begitu meriah dibantu oleh warga masyarakat sekitar. Sebagai penanggung jawab kegiatan tersebut yaitu, Camat Batu Ceper menuturkan bahwa, ‘’Saya berharap di aliran kali Jl. H. Kilin menjadi bersih dan dapat dipergunakan sebagai saluran pengairan di wilayah Batu Ceper agar terhindar dari bencana banjir karena cuaca sudah mulai penghujan.  Masyarakat perlahan dan pasti sudah mulai mengerti bahwa, air di kali pada zaman sekarang sudah tidak bisa dipergunakan lagi untuk badan dan tubuh kita. Jadi, diharapkan para warga masyarakat mengerti akan hal tersebut.  Setiap institusi yang mengikuti lomba pada saat ini, diberikan area seluas dan sepanjang 25 m dengan kreteria lomba mempunyai persyaratan utama yaitu,  harus ada pagar, tanaman, penataan taman penghijauan, harus bersih dan harus ada tempat selfie’’.

Kunjungan Walikota Tangerang disambut dengan antusias warga yang cukup tinggi sekali karena di pagi yang cerah ini di moment pertemuan salah satu pemimpin di Pemerintahan Kota Tangerang, warga menyambut dengan gembira Bapak Walikota Tangerang. Di atas panggung,  Walikota memberikan sambutan singkat untuk warga masyarakat dan para unsur terkait selaku petugas dan panitia penyelanggara dengan penjelasan, ‘’ Marilah kita jaga kebersihan lingkungan untuk peradaban masyarakat, jangan buang sampah sembarangan, jangan membuang limbah dan jangan mencuci baju di bantaran pinggir kali.. arilah kita tingkatkan kapasitas kita di dalam perubahan lingkungan, bagaimana kita memanfaatkan sungai dengan baik dan diskusikanlah bersama warga sekitar.

Salah satu contoh program kerja Pemerintah kota yaitu, kami ingin menuntaskan pekerjaan di dalam,  membuat jalan conblock, minimal semua jalan di Kota Tangerang bisa rapih dan Pemerintah ingin membuat saluran perairan lainnya berikut untuk program penerangan desa telah tuntas di kerjakan. Maka, untuk warga masyarakat rawatlah lingkungan dengan baik ini semua untuk bapak dan ibu semua. Kami Pemerintah Kota Tangerang mengucapkan banyak-banyak terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi untuk para warga masyarakat yang telah membangun dan memelihara lingkungan kita dengan baik sekali. Marilah kita lestarikan sungai kita dengan baik, jadikanlah kota kita sebagai tujuan wisata dengan kebudayaan lokal kebanggaan kita bersama’’, tegas Walikota Tangerang.

Menurut pemantauan humas Polsek Batu Ceper di laporkan bahwa, terpantau di sepanjang kali tersebut telah bersih dan hijau karena di hiasi oleh tanaman-tanaman hias dan diberikan pagar-pagar tanaman, di hiasi dan di cat dengan berbagai warna sehingga terlihat untuk di wilayah bantaran kali terpantau indah menawan. Warga sangat antusias sekali di dalam moment positif tersebut. Warga bersama unsur terkait berbaur dan bergotong-royong langsung menggelar lomba cakepin kali aye dan membersihkan serta menghiasi bantaran kali dengan baik sekali’’, Ujar Eko.

Proram kerja ‘’Cakepin Bantaran Kali Aye‘’ untuk membersihkan segala sesuatu seperti sampah, limbah, rumput-rumput liar sekaligus memperindah suasana agar tampak lebih indah di pandang oleh kita.  Semoga dengan program kebersihan oleh unsur-unsur terkait berserta warga dan di bantu oleh beberapa perusahaan-perusahaan, mendapatkan nilai dan hasil yang maksimal dari Pemerintah Kota Tangerang karena sudah memperindah lahan pengairan di bantaran kali Jl. H. Kilin tersebut.

Acara di selingi oleh pemberian kue Tar dan pemberian setangkai bunga mawar kepada ibu-ibu perwakilan (sesepuh) warga untuk memperingati hari Ibu sedunia yang diberikan langsung oleh Walikota Kota Tangerang.  (Dessi)

Loading...
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini