Media Purna Polri, Agam – Kelompok pemerhati lingkungan hidup yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup & B3 Indonesia (Amphibi) Dewan Pengurus Daerah (Dpd) kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar) lakukan aksi penanaman sejuta pohon di jorong Kampung Jambu, nagari Bayua, kecamatan Tanjung Raya, Selasa, (17/12/2019).

Lokasi penanaman sejuta pohon ini dilakukan secara bersama-sama oleh masyarakat sekitar dibuka langsung oleh camat Tanjung Raya, Handria Asmi dihadiri dinas terkait kabupaten Agam, walinagari dan tokoh masyarakat di Tanjung Raya tidak jauh dari lokasi bencana banjir bandang di Galapuang.

Ketua Dpd Amphibi kabupaten Agam, Rahmad Sumardi menyatakan bahwa penanaman pohon di Kp. Jambu adalah langkah awal aksi Amphibi di kabupaten Agam menjelang pergantian tahun 2019-2020.

“Aksi penanaman pohon di Kp. Jambu ini kami lakukan adalah sebagai “Pemanasan” menyambut Aksi Menanam 1 orang 1 pohon sesuai intruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP Amphibi), “ujar Rahmad Sumardi.

Dirinya juga menambahkan “aksi penanaman pohon di kabupaten Agam untuk kegiatan akhir tahun 2019-2020 kita isi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti menanam 1 pohon 1orang akan dilaksanakan secara serentak di 90 kabupaten/kota se-Indonesia.” ungkapnya.

Penanaman pohon di Kp.Jambu dilakukan secara bergotong-royong oleh Amphibi dan masyarakat, tidak terlepas dari dukungan dinas terkait di Pemda Agam, dengan memberikan bantuan bibit sekitar 200 batang dari dinas pertanian dan perikanan, serta OPD yang ikut mensukseskan program amphibi

“Alhamdulillah penanaman pohon ini bisa terlaksana atas bantuan dari dinas Pertanian, dinas Perikanan dan dinas Lingkungan Hidup serta Opd lainya di Pemda Agam yang sudah memberi bantuan sebanyak 200 pohon untuk ditanam di sekitar daerah rawan bencana, dan kita ucapkan terimakasih pada instansi terkait yang sudah mendukung kegiatan.” harap Rahmad.

Tempat terpisah kepala dinas Lingkungan Hidup kabupaten Agam, Jetson mengapresiasi kegiatan Amphibi Dpd kabupaten Agam, sukses melakukan kegiatan penanaman pohon di sekitar danau Maninjau.

“Adanya kegiatan penanaman pohon di sekitar danau Maninjau, diharapkan Amphibi Dpd Agam bisa mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian alam di sekitar danau Maninjau, dan kita himbau pada seluruh lapisan masyarakat dapat mewarisi kekayaan alam di Agam untuk generasi yang akan datang.” harap Jetson.
(abrar-litbang).

Loading...
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini