Media Purna Polri, Sumbar – Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup & B3 Indonesia (AMPHIBI) melalui koordinator Wilayah AMPHIBI Sumatera Barat melakukan Investigasi penyebab utama terjadinya Banjir Bandang dan Tanah Longsor yang belum lama ini melanda kabupaten solok selatan, sabtu 14/12/2019.

Team investigasi AMPHIBI Sumbar yang dipimpin Nasrul berangkat dari Tanah Datar langsung menuju lokasi terdampak bencana di Kanagarian Pakan Rabaa.
Dilokasi ini team Amphibi tidak menemukan adanya ilegal loging dan penambangan liar yang menggunakan mercury seperti issu yang beredar di berbagai media sosial.

Disamping melakukan investigasi, team gabungan AMPHIBI Sumatera Barat juga melakukan aksi sosial dan penanaman pohon bersama IKASUPA Propinsi Jambi beserta tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua Ikasupa Azwardi Kamal menyatakan bahwa aksi sosial ini dilakukan sebagai bentuk rasa kepedulian IKASUPA dan AMPHIBI terhadap saudara kita yang sedang mendapat musibah di solok selatan ini.


“Kami sengaja datang dari propinsi Jambi untuk menyalurkan langsung bantuan berupa pakaian layak pakai lebih dari 1 ton, 70 pcs kasur, 50 pcs bantal, 30 lembar tikar, dan 3.000 bibit pohon produktif dari berbagai jenis yang akan ditanam disepanjang aliran sungai, ujar Azwardi.

Bantuan yang menggunakan unit armada Truck Tronton tersebut langsung diserahkan dan diterima oleh Nasril Walinagari Pakan Rabaa Timur Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh yang selanjutnya akan di distribusikan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana longsor dan banjir bandang.

Informasi dari tokoh masyarakat setempat, bahwa masih ada kenagarian yang belum tersentuh bantuan.

Hal ini disebabkan sulitnya medan yang ditempuh untuk menjangkau daerah yang terkena dampak bencana.

Mendengar informasi tersebut, ketua Team Investigasi AMPHIBI Nasrul dan koordinator Amphibi Sumatera Barat Lingga Ananda dan Sutan Palembang memutuskan untuk datang kembali melakukan aksi sosial ke nagarian lainnya di Kabupaten Solok Selatan serta sekaligus melakukan investigasi lanjutan.

(red-litbang)

Loading...
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini