Media Purna Polri- Bengkulu. Bertempat di lobi Polda Bengkulu, Wakapolri “Komisaris Jenderal Polisi Drs. Ari Dono Sukmanto. SH”, beserta Gubernur Bengkulu “Rohidin Mersyah. M.MA” dan Karo Penmas Divhumas Polri BJP “Dr. Dedi Prasetyo. M.Hum., M.Si., MM”. Usai meresmikan kenaikan tipe Polda Bengkulu dari B menjadi A memberikan keterangan persnya saat ditemui awak media, Selasa (12/11/2019).

Wakapolri menerangkan, kenaikan tipe Polda Bengkulu dari B menjadi A: Untuk Polda sudah ada 9, Polres sudah ada 20.  Jadi, kenaikan tipologi ini tentunya dimaksudkan pertama bahwa, berdasarkan assasment ada 9 kriteria untuk menaikan tipologi. Intinya tentu untuk memberikan support dan semangat kepada kesatuan ini dalam rangka memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat supaya lebih optimal lagi.

Lebih lanjut Wakapolri menjelaskan,  pastinya akan diikuti dengan penyesuaian kenaikan pangkat dari para petugas Kapolda akan menjadi “Bintang 2” dan Wakapolda “Bintang 1”.

Kemudian beberapa pejabat dengan pangkat Kombes itu tentunya akan disesuaikan dengan “Eselonnya”. Ada yang mungkin juga harus bergeser karena Eselonnya tidak sesuai. Dan ada mungkin yang tetap ditetapkan  sesuai Eselonisasinya.Terang Ari Dono.

“Penambahan personil tentunya akan disesuaikan juga dengan kebutuhan situasi wilayah, kalau memang itu nanti akan disesuaikan juga dengan anggaran dan tipe yang ada untuk melengkapi daripada kebutuhan personil daerah, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat”, ucap Ari Dono.

“Tetapi inti utamanya adalah, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik lagi”, Tegas Ari Dono.

Ari Dono menambahkan, kalau tidak bisa menyesuaikan dengan pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat dengan beberapa ketentuan-ketentuan dari Mabes Polri, ada syaratnya nanti bisa dievaluasi bisa turun lagi, bisa turun tipe lagi.

Kita harapkan ada 1 kebersamaan, baik itu dari unsur Pimpinan Polda itu sendiri. Dan untuk anggotanya tentunya kerjasama dengan dukungan dari Bapak Gubernur dan masyarakat sekalian yang pastinya kita tidak ingin satu prestasi yang sudah kita capai bersama bahwa,  kenaikan tipe ini bukan hanya dari prestasi Polda tapi kebersamaannya dan dukungan dari masyarakat dibawah koordinasi Bapak Gubernur, Tegasnya. Sehingga dapat terciptanya suatu situasi Kamtibmas yang mapan.

Ada beberapa agenda agenda nasional kemarin kita lihat Bengkulu ini relatif sangat bagus, sangat bagus tempat lain ada bergejolak disini kecil ada tapi tidak berarti, sehingga inilah yang membuat status kita menjadi naik tipologinya, Tutur Ari Dono.

Mengenai kenaikan Tipe Polda dari B menjadi A, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. M.MA, dukungan Kepada Polda? Saat ditanya awak media tentu pertama kita bersyukur apa yang kita harapkan dan kita perjuangkan selama ini secara bersama-sama untuk melakukan penataan dan penguatan kelembagaan dijajaran ini. Alhamdulillah, Polda sudah berhasil. Kemudian Korem kita tinggal menunggu waktu karena dari kelembagaan sudah disetujui.

Rohidin menjelaskan, pihak dari Angkasa Pura sudah mengelola “Bandara Fatmawati”. Kita mendorong sekarang Lanal dan mendorong “YAIN” menjadi Universitas. Pengembangan penguatan kelembagaan ini diyakini betul akan membuka kekuatan Bengkulu untuk bisa membangun lebih baik dimasa yang akan datang.

“Kalau anggaran, sepenuhnya itu operasional Kepolisian nanti dari anggaran Mabes Polri. Sifatnya, ada kegiatan-kegiatan yang bisa dikerjakan atau support sarana prasarana tetapi kalau penentuan nilai biasanya situasional” tutup Rohidin.  (Mon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini