Media Purna Polri- Tabanan, Bali. Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 TA. 2019 di wilayah Kodim 1619/Tabanan, tepatnya di Desa Gubug dan Desa Bongan, secara resmi ditutup oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa dan didampingi oleh Wakapolda Bali, Brigjenpol. Drs. I Wayan Sunarta, bertempat di Lapangan Desa Gubug, Kabupaten Tabanan Bali, Kamis (31/10/2019).

Upacara penutupan program TMMD yang sudah berjalan selama 30 hari tersebut, ditandai dengan penyerahan hasil TMMD oleh Dandim 1619/Tabanan, selaku Dansatgas TMMD kepada Bupati Tabanan dilanjutkan pemukulan gong oleh Kasad.

Momen upacara tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Tabanan karena penutupan TMMD di wilayahnya dilakukan langsung oleh Kasad. Kegiatan penutupan tersebut juga menandakan ditutupnya pelaksanaan TMMD ke-106 secara serentak di seluruh Indonesia yang melibatkan 50 Kabupaten/Kota.

Dalam sambutannya, Kasad mengungkapkan kekaguman serta apresiasi yang tinggi kepada pemerintah setempat, khususnya kepada Bupati Tabanan dan juga seluruh masyarakat Tabanan atas antusiasme, semangat kerja serta sikap gotong-royong yang ditunjukkan selama pelaksanaan TMMD di wilayah Tabanan. “Semoga kerja sama gotong-royong yang ditunjukkan oleh masyarakat Tabanan ini menjadi contoh bagi masyarakat kita di daerah lain,” ujar Andika.

Kedatangan Kasad beserta rombongan dilokasi penutupan TMMD disambut dengan tarian Okokan dan tari Barong Bangkung serta diterima langsung oleh Bupati Tabanan, Putu Eka Wiryastuti dan di dampingi Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto, bertempat di Aula Kantor Desa Gubug.

Lebih lanjut saat jumpa pers, Kasad juga menyampaikan bahwa anggaran sebesar Rp 1,7 miliar dari Pemkab Tabanan yang diperuntukkan TMMD ini, murni dipergunakan untuk membangun jalan dan jembatan serta sarana umum lainnya bagi masyarakat Tabanan.

“Anggaran dari Pemkab Tabanan murni untuk membangun jalan dan jembatan, sedangkan sebanyak 150 orang anggota Satgas, didanai oleh Angkatan Darat, baik itu uang makannya maupun uang sakunya. Sehingga tidak merepotkan anggaran dari Pemerintah Kabupaten,” terangnya.

Setelah upacara, Kasad didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Hetty Andika Perkasa menyerahkan sertifikat tanah dan 2 kunci rumah yang baru selesai direnovasi kepada dua orang warga. Selain itu juga diserahkan bantuan sembako, alat penetas telur, pupuk bios 44 dan buku bacaaan dari Perpustakaan Nasional kepada warga sekitar.

Dalam kesempatan tersebut, Kasad dan Ketua Umum Persit KCK beserta rombongan juga melaksanakan peninjauan Bakti Sosial Kesehatan seperti pengobatan gratis kepada warga, donor darah dan khitanan serta meninjau pameran Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Kabupaten Tabanan.

Untuk diketahui pada TMMD ke -106 di Tabanan ini sasaran utamanya yaitu,  pembuatan jembatan sepanjang 17 meter dengan lebar 5,5 meter dan tinggi 5 meter serta sasaran lainnya seperti pembuatan senderan, pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 65 meter, bedah rumah tidak layak huni 2 unit.

Hadir pada acara tersebut, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha, unsur FKPD Tabanan serta warga masyarakat desa setempat. (Oscar/IBD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini