Media Purna Polri, Jakarta – Pancasila sebagai ideologi Bangsa tidak pernah menjelaskan adanya perbedaan dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Justru Pancasila menjembatani semua keberagaman yang ada di Indonesia. Dibawah kibaran Sang Saka Merah Putih tidak ada sekat diantara sesama anak Bangsa, sekalipun berbeda agama, suku, dan bahasa. Kita Bhineka Tunggal Ika. Satu nusa satu bangsa.

Karena itu, persatuan dan kesatuan NKRI harus tetap dijaga dan dipertahankan. Sebab jika tidak, maka akan terjadi malapetaka dan kehancuran serta perpecahan dimana-mana. Dan untuk melawan ancaman terhadap eksistensi NKRI maka penguatan-penguatan terhadap idealisme, nasionalisme, dan kecintaan kita terhadap Bangsa sangat diperlukan.

Alasan inilah yang menggerakan Ferry M. Kilikily, selaku Ketua Umum Forum Pemuda Indonesia Bersatu (FPIB) didampingi Yunus Rotestu Sakuain sebagai Wakil Ketua Umum FPIB dan Junaidi sebagai Sekretaris Jenderal FPIB menyatakan sikap dalam deklarasi yang dilaksanakan di Palugada Food Street, Kembangan, Jakarta Barat (7/9/2019).

Beberapa waktu lalu Bangsa Indonesia dihebohkan dengan isu pengusiran mahasiswa asal Papua di Malang dan Surabaya. Atas dasar itu, masyarakat Papua terpancing emosinya. Bahkan luapan emosi tersebut diekspresikan dengan sejumlah insiden kerusuhan diberbagai wilayah di Papua yang seharusnya tidak perlu terjadi.

Dan peristiwa ini dijadikan momentum oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk menghasut dan memprovokasi masyarakat Papua agar melepaskan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Tetapi oleh kesigapan pemerintahan pusat, TNI dan Polri maka semua dapat diredam dan dikendalikan tentunya oleh dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia.

Ferry M. Kilikily mengatakan dalam sambutannya bahwa, “Papua adalah Indonesia. Dan tidak ada alasan apapun yang dapat memisahkan Papua dari Indonesia”. Ditegaskan olehnya “Forum Pemuda Indonesia Bersatu yang saya pimpin, berkomitmen untuk mendukung penuh pemerintahan Indonesia yang sah dan konstitusional dalam upaya menjaga kultur Bangsa Indonesia yang pancasilais, toleran, santun dan beradab; memperjuangkan keadilan, persatuan dan kesatuan bangsa; serta melawan paham dan ideologi yang inkonstitusional, ekstrim, radikal, intoleran, anti Pancasila; dan memperjuangkan nilai-nilai dan prinsip kebangsaan yang nasionalisme ditengah kepelbagaian dan keberagaman yang ada di Indonesia berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Untuk itu Forum Pemuda Indonesia Bersatu memberikan dukungan kepada pemerintah Indonesia, TNI dan Polri untuk mengusut tuntas dan menghukum oknum-oknum maupun pihak-pihak yang terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan makar dan provokasi di tanah Papua.

Dihubungi selesai deklarasi, Yunus Rotestu Sakuain selaku Wakil Ketua Umum Forum Pemuda Indonesia Bersatu atau yang akrab disapa Nus Meo ini berkata, “Forum Pemuda Indonesia (FPIB), bersedia dan siap berada digaris terdepan sebagai garda Bangsa untuk menjaga Pilar Kebangsaan Republik Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika bersama-sama dengan pemerintah, TNI-POLRI dan semua elemen masyarakat”.

Deklarasi Forum Pemuda Indonesia ini dihadiri oleh kurang lebih 200 sampai dengan 300 orang ini, terdiri dari perwakilan dari berbagai elemen organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan para aktivis muda yang mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Beberapa diantaranya yang hadir adalah Nicholas Johan Kilikily (Tokoh Pemuda Indonesia Timur), H. M. Syharul Ghozali (Panglima FBR Jabodetabek-Kepulauan Seribu), H. Mujamil (Ketua FBR Korwil Jakarta Barat), Logo Vallenberg (Ketua Umum Forum Komunikasi Putra-Putri Nusa Tenggara Timur), Minca (Ketua BPKB Banten, Tambora), Hanphie Agusoeito (Motivator/Penulis Buku), Yan Rumbiak (Tokoh Dewan Adat Biak, Papua), M. Nurhali (Ketua PAC Pemuda Pancasila, Kebon Jeruk), Novri Akiari (Forum Kebhinekaan Indonesia), unsur TNI-POLRI dan masih banyak tokoh serta perwakilan organisasi masyarakat lain yang juga hadir.(red)

(Yustaf Siki)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini