Media Purna Polri, Jakarta – Masih dalam suasana peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah bersama dua ratus orang pelajar yang terdiri dari siswa siswi SD dan SMP Provinsi DKI Jakarta melakukan Ziarah Wisata dan Napak Tilas di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (26/8).

Irmansyah mengawali kegiatan tersebut dengan menggelar apel bersama kemudian dilanjutkan dengan berziarah ke sejumlah makam pahlawan, seperti makam Pahlawan Revolusi Jenderal TNI Ahmad Yani dan Letjen TNI S.Parman, makam Wakil Presiden ke 3 RI Adam Malik, serta beberapa makam lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Irmansyah juga mengajak peserta yang hadir untuk menabur bunga dan berdoa bersama-sama.

Irmansyah menilai, kegiatan ziarah wisata ke makam pahlawan ini merupakan kegiatan positif yang dapat memupuk rasa kepahlawanan sejak dini.

“Agar anak-anak bisa tertanam nilai kepahlawanan. Dalam aspek sosial, menumbuhkan rasa kepedulian terhadap perjuangan yang telah dilakukan,” terang Irmansyah.

“Dengan begitu, anak-anak ini bisa mencontoh dan memiliki nilai kepahlawanan untuk mereka ke depan. Menjadi generasi muda dan pemimpin. Ini adalah bagian daripada ikhtiar kita semua,” tambahnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Susi Dwi Harini mengungkapkan acara ini sebagai upaya untuk meningkatkan semangat nasionalisme dengan mengambil hikmah dari perjuangan para pahlawan.

“Di sekolah kan mereka mengenal sejarah hanya melalui teori. Nah kali ini kami mencoba mengenalkan sejarah secara langsung kepada mereka. Tujuannya selain menanamkan nilai kepahlawanan juga mendorong semangat nasionalisme,” tuturnya.

Dalam acara tersebut, setidaknya melibatkan empat sekolah yakni SDN 07 Lenteng Agung, SDN 07 Pinangsia, SMPN 253 Jakarta, dan SMPN 36 Jakarta.

Sebagai informasi, Dinsos DKI Jakarta menggelar acara Ziarah Wisata dan Napak Tilas tiap tahunnya. Dalam penyelenggaraannya, Dinsos DKI melibatkan pelajar SD dan SMP, dengan jumlah peserta yang berbeda asal sekolahnya.(Dessi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini