MEDIA PURNA POLRI,JENEPONTO- Pada hari Senin tanggal 29 Juli 2019 pukul 12.00 wita bertempat di Kp. Lebang Manai Desa Lebang Manai Kec Rumbia Kab Jeneponto telah dilaksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Sakit Pratama oleh Bupati Jeneponto Drs. H. Iksan Iskandar, M.Si.

Hadir dalam kegiatan:
1. Bupati Jp (Drs. H. Iksan Iskandar, M.Si)
2. Kapolres Jp (AKBP Hery Susanto, S.ik)
3. Dandim 1425/Jp (Letkol Inf Irfan Amir, SE)
4. Wakil Bupati Jp (H. Paris Yasir, SE)
5. Danyonif 726/ TML Letkol Inf Prasetyo Ary Wibowo, S.Sos. Mi. Pol)
6. Sekda Jp (Dr. dr. H. M. Syafaruddin Nurdin, M.Kes)
7. Yang mewakili Kajari (Muh. Nasran, SH,MH)
8. Para kepala OPD lingkup Pemkab Jeneponto.
9. Camat Rumbia
10. Kepala Desa Lebang Manai

Rangkaian kegiatan, sbb;
1. Pembukaan oleh Protokol

2. Pembacaan Ayat suci Al-Qur’an

3. Pembacaan doa

4. Laporan ketua panitia (Sekda Jp/Plt Kadis Kesehatan), sbb;

Rumah Sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan milik memiliki peran yang sangat strategis dalam pemberian pelayanan kesehatan dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat di suatu wilayah otonom.

Rumah Sakit kelas D Pratama adalah rumah sakit umum yang hanya menyediakan pelayanan perawatan kelas 3 untuk peningkatan akses bagi masyarakat dalam rangka menjamin upaya pelayanan kesehatan perorangan yang memberikan pelayanan rawat inap, rawat jalan, gawat darurat, serta pelayanan penunjangan lainnya.

Pembangunan rumah sakit Pratama ini untuk memenuhi ketersediaan rumah sakit dalam rangka meningkatkan akses masyarakat di daerah terpencil batasan kepulauan dan tertinggal serta daerah yang belum tersedia rumah sakit atau rumah sakit yang sulit dijangkau akibat kondisi geografis.

Berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan Nomor 24 Tahun 2014 tentang Rumah Sakit kelas D Pratama peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2 tahun 2019 tentang petunjuk operasional pembangunan dan alokasi khusus fisik bidang kesehatan tanggalan 2019. Lokasi pembangunan rumah sakit Pratama berada di Desa Lembang Manai Kecamatan Rumbia Kab Jeneponto.

Anggaran pembangunan RS Pratama bersumber dari DAK bidang kesehatan tahun anggaran 2019 total anggaran sebesar 45 miliar terdiri dari 30 miliar untuk kegiatan pembangunan gedung dan kegiatan penunjangnya, 15 miliar untuk kebutuhan pengadaan alat kesehatan.

Jangka waktu pelaksanaan proyek pembangunan RS Pratama ini akan dilaksanakan selama 165 hari terhitung sejak tanggal 19 Juli 2019 sampai dengan tanggal 31 Desember 2019.

Sambutan Bupati Jp, sbb;
Atas nama Pemerintah Daerah,Saya menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada seluruh pihak atas pelaksanaan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit yang pada hakekatnya adalah suatu upaya untuk melengkapi sarana yang dibutuhkan oleh masyarakat terutama sarana di bidang pelayanan kesehatan.

Hal ini tentunya sangat erat hubungannya dengan salah satu misi Pemerintah Kabupaten yaitu “peningkatan sarana dan prasarana wilayah secara merata”. sebagai manusia tentunya tidak lepas dari kebutuhan akan sarana penunjang di dalam menangani dan mengurusi segala permasalahan kehidupan baik itu mengenai kebutuhan yang bersifat primer maupun kebutuhan yang bersifat insidentil yang berhubungan dengan kebutuhan dasar sehingga pembangunan rumah sakit ini merupakan upaya yang baik dalam memenuhi pelayanan yang semakin cepat mudah dan terjangkau bagi masyarakat.

Untuk itu dengan hadirnya rumah sakit ini di Rumbia diharapkan pelayanan kesehatan bagi warga yang ada di wilayah ini dan sekitarnya akan lebih baik dan semakin berkualitas.

Saya mengharapkan pembangunan ini dapat dilaksanakan secara tepat waktu dan mengajak kepada semua yang hadir di tempat ini dan seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendukung dan membantu kelancaran pembangunan rumah sakit ini.

Dan yang lebih penting lagi itu setelah rumah sakit ini rampung marilah kita sama-sama menjaga dan memelihara kelangsungan nya agar aset yang sangat berharga ini nantinya benar-benar membawa manfaat yang paripurna dan menyiapkan sarana dan prasarana serta tenaga medis yang selalu siap melayani.

Berbagai potensi yang kita miliki akan terus diupayakan dikelola secara profesional untuk kepentingan masyarakat dan upaya peningkatan daya saing daerah karya industri energi terbarukan mulai bergerak cepat di daerah ini maka sektor lain harus kita utamanya sektor pertanian palawija perikanan kelautan dan usaha mikro kecil menengah.

Dan potensi ini harus pula berjalan selaras dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk itu sektor pendidikan dan kesehatan juga menjadi poin strategis yang terus kita tingkatkan apabila layanan kesehatan yang mudah terjangkau dan berkualitas tentunya yang aman dan sehat dan tidak sakit-sakitan akan dapat terwujud dengan baik karena hanya manusia yang sehat dan prima yang akan dapat bekerja secara optimal menuju pengembangan dirinya dan memberi manfaat bagi orang lain.

Peletakan batu pertama oleh Bapak Bupati Jp, Wakil Bupati, Kapolres Jp dan unsur Forkopimda lainnya.

Giat berjalan aman tertib dan lancar serta selesai pukul 13.30 wita. (Husni)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini