Media Purna Polri, NTT — Kepala Desa Baumata, Yesaya Atollo di nilai tidak mampu menyelesaikan persoalan perampasan tanah antara Keluarga Oetepah dengan Simeon Lalus, maka Camat Taebenu siap memfasilitasi untuk mediasi penyelesaian di Kantor Camat.

Hal ini diungkapkan oleh camat Taebenu, Eliazer M. Manesi, S.Sos kepada awak media saat diwawancarai di Kantor Camat Taebenu, Jalan Taebenu KM 15 Manuat, Kabupaten Kupang, Rabu 3 Juli 2019.

Eliazer menuturkan bahwa dirinya baru menjabat sebagai Camat sekitar tahun 2017 sedangkan persoalan antara Keluarga Oetepah dengan Simeon Lalus sekitar tahun 2014. dan Kades Yesaya sudah menjabat dua periode artinya dia tau persis persoalan ini. namun hingga saat ini masalah ini belum terselesai.

“Saya baru menjabat Camat 2017, jadi belum begitu paham persoalan. yang tau Kades Yesaya. tapi karena dia tidak mampu maka minggu depan saya siap fasilitas dan selesaikan” kata Eliazer.

Ia melanjutkan, sekitar Tanggal 26 Juni kemarin kami melakukan rapat koordinasi bersama Kades Yesaya dan Kapolsek Kupang Tengah. hasilnya Kades Baumata harus membuat surat kepada Camat intinya dia tidak mampu menyelesaikan persoalan ini sehingga di alihkan ke Camat. dasar surat itu menjadi ajuan untuk saya tindak lanjuti dan memanggil kedua belah pihak.

“Memang pernah saya minta Matheos Oetepah dan Simeon Lalus untuk menunjukan kepada saya bukti-bukti kepemilikan. dan dari Matheos Oetepah lengkap buktinya baik putusan dari MA tahun 1984 diperkuat dengan putusan pengadilan negeri tahun 2014, bukti pembayaran pajak dan lainnya. sedangkan Simeon Lalus tidak punya bukti apa-apa”, ujar Camat Eliazer.

Lebih lanjut dikatakan, “Selama ini Simeon Lalus merasa mempunyai power karena mendapat dukungan dari Kades Yesaya Atollo. terbukti ketika ada transaksi penjualan oleh Simeon Lalus dia memberikan surat. tapi ketika suratnya sampai ke meja saya, saya tidak pernah menandatanganinya karena persyaratan dokumen pendukung seperti alas hak, riwayat kepemilikan sketsa wilaya tanah dan batas-batas tanah tidak ada. “Pungkas Eliazer Manesi.

(Oscar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini