Media Purna Polri, NTT — Diduga Kepala Desa Baumata, Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang, Yesaya Atollo mendukung Simeon Lalus, warga RT 09 RW 05 Desa Baumata Timur menggunakan kuasa Insidentil untuk merampas tanah milik Keluarga Oetepah seluas – + 17 Hektar.

Hal ini diungkapkan oleh Mathias Matheos Oetepah, salah satu ahli waris dari Daniel Oetepah (Alm) kepada wartawan mediapurnapolri.net di kediamannya RT 02 RW 01 Desa Baumata, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Senin (1/7/2019).

Matheos Oetepah (Sapaannya) menyatakan bahwa Simeon Lalus tidak memiliki tanah. dia mendekati kami ketika kami sedang berperkara dengan Costantein Naibahas, dkk. dia (Simeon Lalus red) datang bilang bahwa keluarga Oetepah banyak membantu dirinya jadi dia tawarkan diri untuk membantu kami keluarga Oetepah. akhirnya kami keluarga Oetepah memberi kuasa Insidentil kepadanya untuk membantu kami.

“Waktu berperkara kami memberikan kuasa Insidentil kepada Simeon Lalus dengan No.03/Pen.Pdt/III/2014/PN.OLM tertanggal 14 Maret 2014 untuk membantu kami” kata Matheos.

Lanjut Matheos, namun ketika selesai perkara dan putusnya kami menang, Simeon Lalus menggunakan kuasa Insidentil itu dan bekerja sama dengan Kepala Desa Yesaya Atollo untuk merampas dan menguasai tanah warisan Almarhum orang tua kami seluas – + 17 hektar. bahkan sekarang dia telah mengkapling dan menjual kepada banyak orang dan kepala desa Yesaya Atollo mendukung dan tidak mencegahnya.

“Seharusnya sebagai aparat pemerintah desa ketika ada transaksi penjualan harus menjelaskan kepada pembeli siapa pemilik sebenarnya. kok ini malah kepala desa mendukung transaksi itu,” ujarnya.

Terpisah Kepala Dusun 1 sekaligus sebagai orang tua dalam kampung, Herman Yakop Tanof menambahkan bahwa tanah itu adalah milik Tanebet yang didalamnya termasuk kuarga Oetepah sebagai anak cucu dari Tanebet. sementara Simeon Lalus tidak ada dalam kampung ini. yang ada hanya Elisa Lalus namun dia di tempat lain, bukan di kampung itu. hanya ketika berperkara lalu muncul lah Simeon Lalus membantu.

“Jadi jujur setau saya Simeon Lalus tidak punya tanah disini dan dia bukan
orang sini”, Pungkas Yakop Tanof.

(Oscar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini