MEDIA PURNA POLRI,BALI – Kodim 1609/Buleleng bekerja sama dengan PT Pelindo III Celukanbawang mewujudkan bantuan jamban sehat bagi delapan warga masyarakat di wilayah Kodim 1609/Buleleng.

Pembuatan jamban secara gratis tersebut diperuntukan bagi warga masyarakat miskin dan kurang mampu sebagai wujud kepedulian satuan ini terhadap kondisi masyarakat di wilayah yang masih belum memiliki jamban.

“Jika hal tersebut dibiarkan berlarut, maka akan berpengaruh terhadap kesehatan lingkungan masyarakat itu sendiri”, ungkap Danramil 1609-08/Grogak Kapten Inf Gede Oka.

Ditambahkannya, program jamban sehat ini telah dikerjakan selama 3 minggu dari tanggal 8 Mei 2019 sampai dengan 28 Mei 2019, yang melibatkan anggota Koramil 1609-08/Gerokgak bersama masyarakat.
Demikian penyampaian Kapten Inf Gede Oka, Senin pagi (03/06) di Makoramil setempat.

Pembuatan jamban di wilayah Kodim 1609/Buleleng dilaksanakan secara tersebar di setiap desa. Kegiatan pemberian bantuan jamban sehat ini diawali dengan pengecekan dan pendataan oleh Para Babinsa di lapangan sehingga akan tepat sasaran.

Program jamban sehat di samping sebagai implementasi program komando atas, sekaligus juga sebagai upaya agar masyarakat bisa hidup sehat dengan sanitasi yang baik.

“Meski dengan keterbatasan anggaran yang ada, namun pengadaan jamban ini tetap dilakukan oleh Jajaran Kodim 1609/Buleleng, yang terpenting masyarakat bisa hidup sehat dan memiliki jamban di rumah,” ujar Kapten Inf Gede Oka.

Senada Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Verdy De Irawan, S.H., M,Tr., (Han) mengatakan, program tersebut di samping dapat meringankan beban masyarakat, juga sebagai jalinan komunikasi sosial dengan masyarakat sehingga akan memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Melalui kegiatan jamban sehat ini, mari kita wujudkan masyarakat sehat dan sejahtera”, tegasnya.

Berikut data masyarakat penerima bantuan jamban sehat kerjasama Kodim 1609/Buleleng dengan PT. Pelindo III Celukanbawang tahun 2019 antara lain, I Wayan Merta, asal Dusun Brombong, Desa Celukanbawang, Gerokgak. Suardi, asal Celukanbawang, Gerokgak. Aminah, asal Celukanbawang, Gerokgak. Jamilah, Celukanbawang, Gerokgak. Kadek Sarjana, warga Dusun Munduk Sari, Desa Pengulon, Gerokgak. Ketut Nadia, Dusun Bukit Sari, Desa Pengulon, Gerokgak. Marjan, Dusun Tegal Lantang, Desa Pengulon, Gerokgak. Serta Syamsul Hakim, beralamat di Dusun Yeh Biu Kaja, Desa Patas, Gerokgak.

(Oscar/IBD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini