MEDIA PURNA POLRI,NTT – Di jenjang SMK, nilai terbaik UNBK 2019 untuk mata pelajaran matematika di raih oleh siswa SMK Negeri 1 Kupang dengan nilai 100.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Kupang, Mathias M. Beeh, S.ST, Par, MM, kepada awak media saat diwawancarai di ruang kerjanya SMKN 1 Kupang, Rabu (8/5/2019).

Mat Beeh sapaan dari kepala sekolah SMKN 1 Kupang menuturkan, kami baru selesai rapat tingkat dewan guru terkait dengan hasil pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 dan menetapkan untuk kelulusan tahun ini 100 persen dari jumlah 724 siswa.

“Selain kelulusan 100 persen ada hal yang lebih membahagiakan, salah satu siswa, Grace Jacquelin Bani dari jurusan pariwisata bisa meraih nilai tertinggi mata pelajaran matematika untuk tingkat SMK se-NTT “, kata Mat Beeh.

Ini sebuah kebanggaan karena raihan nilai ini sebagai indikasi dari sebuah proses yang berjalan selama tiga tahun berkaitan dengan pendidikan dan pelatihan bagi siswa. Jadi kami bisa mengklaim diri bahwa semua proses KBM yang berjalan sudah pada tataran yang standar.

“Saya bisa berbangga karena Guru-guru cukup profesional. terbukti output nilai ada siswa yang meraih nilai tertinggi”, jelasnya.

Ini akan kami lakukan semacam sebuah pengakuan dan apresiasi kepada siswa tersebut agar menjadi contoh dan motivasi bagi Adek – adek angkatan berikut.

Terkait dengan tabulasi nilai kami juga berharap dari dinas pendidikan provinsi NTT agar sedapat mungkin melakukan publikasi tabulasi perolehan nilai secara menyeluruh untuk satu NTT.

Lanjutnya, dalam rapat penyerahan dokumen hasil ujian kemarin kami dari MKKS juga meminta dilakukan rapat evaluasi bersama di tingkat kepala sekolah untuk tidak sebatas melihat nilai sekolah dan membagikan, tetapi haris ada moment bersama di tingkat dinas untuk bersama kita evaluasi mandapat masukan terkait kekurangan dan kelebihan yang ada sehingga kita bisa membenahi diri.

Sebab secara nasional untuk NTT dianggap masih jauh tertinggal dari provinsi lain. Untuk itu mari kita duduk bersama lakukan evaluasi bersama semua kepala sekolah. Apalagi bapak Gubernur menginginkan tahun depan peringkat kita harus urutan ke-12.

Ini satu target yang sangat berat sebab selama ini kita masih berada di peringkat 30, 32 dan bahkan 34. Untuk itu kita harus bangkit dan didukung dengan evaluasi bersama untuk mencari kekuranga dan kelemahannya.

Mat Beeh berharap agar pemerintah harus memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mendapat nilai terbaik dan ketika dia mau melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi maka harus diberikan berupa beasiswa khusus. Yang berikut lembaga pendidikan harus menangkap ini sebagai bagian dari memotivasi agar generasi berikut terus bersaing.

Harapannya yang terakhir untuk dunia usaha harus melirik dan merekrut mereka menjadi tenaga kerja yang siap pakai dengan standar gaji yang sesuai. Sebab selama ini kita hanya menggaungkan prestasi seorang diri dan anak pun tau dia berprestasi akan tetapi semacam penghargaan dia tidak merasakan. Pungkas kepsek sekaligus ketua MKKS SMK Se-Kota Kupang ini.

(Oscar MPP)

Loading...
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini