Media Purna Polri, Jakarta – Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup & B3 Indonesia AMPHIBI adakan rapat pembahasan keberlanjutan lingkungan hidup bersama Direktur Jenderal PSLB3 Rossa Vivien dan Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian LHK Novrizal Tahar, Rabu (24/4/2019).

Rapat pembahasan yang dilakukan di Aula Rimbawan 3 Gedung Manggal Wanabakti Kementerian LHK tersebut adalah tindak lanjut permohonan ketua umum AMPHIBI Agus Salim Tanjung So,si kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya Bakar terkait dukungan anggaran.Tindak lanjut tersebut ditanggapi Ditjen PSLB3 Rossa Vivien melalui Grup WA AMPHIBI NKRI.

Turut hadir dari berbagai perwakilan AMPHIBI diantaranya Sekjen DPP AMPHIBI Noven Saputera sekaligus Pimpinan Umum Media Purna Polri beserta koordinator Investigasi Gregorius Boris, ketua AMPHIBI Jawa Timur Samsul Hadi So, Ketua AMPHIBI Kota Medan Rudianto, Ketua dan koordinator Kampung Peduli Pencemaran Lingkungan KPPL AMPHIBI KOLAM Kepala Dusun XII Miswanto dan Kepala Desa Kolam Jupri Purwanto dan KPPL AMPHIBI Bojong Menteng Kota Bekasi yang diwakilkan Ratna & Agus Oiy.

Dalam pembahasan tersebut ketua umum lembaga lingkungan AMPHIBI Agus Salim Tanjung memperkenalkan beberapa produk yang telah dibuat diantaranya kerajinan tangan, bata/konblok/interlock press dari limbah industri non B3 berupa tanah kuning dan abu cangkang sawit.

Agus ST juga menyampaikan secara global tentang kegiatan lingkungan yang saat ini sedang dilakukan AMPHIBI di seluruh indonesia.

“Saat ini kami sedang kosentrasi dalam misi perbaikan lingkungan hidup dan sosial kemasyarakatan “ucap Agus ST. Adapun kegiatan yang sedang buming di media sosial dan WAG AMPHIBI adalah perbaikan lingkungan danau situ rawa gede kota bekasi dengan destinasi wisata air nya, pengelolaan sampah plastik dengan 3R sampai Zero Waste nol, pengelolaan sampah sisa makanan hotel dan restoran di KPPL Mojokerto dan bekasi.Ini adalah program lanjutan yang sebelumnya di tahun 2017 pernah dibahas AMPHIBI bersama Direktur Pengelolaan Sampah KLHK R.Sudirman.
AMPHIBI jugq sedang melakukan Pemetaan untuk penataan dan pengelolaan sampah dan enceng gondok di danau martubung kota medan sumatera utara yang kini sedang di susun oleh KPPL MARTUBUNG, pemeliharaan dan pengawasan sungai Ciliwung oleh Rescue AMPHIBI, pembuatan kincir air raksasa untuk pendistribusian air ke persawahan dan ladang masyarakat desa kolam kec. Percut sei tuan kab. Deli serdang sumatera utara oleh KPPL KOLAM serta pembuatan Bata,Konblok Press dari limbah Industri melalui program TJSL, CSR Industri sebagai Solusi limbah industri non B3 oleh DPP AMPHIBI.

Agus ST juga meminta kepada Direktur Jenderal PSLB3 Rossa Vivien agar kedepannya ada sinergitas yang serius dalam menyikapi permasalahan sampah dan limbah di indonesia.

Harapan kami dari lembaga lingkungan AMPHIBI agar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia memprioritaskan seluruh kegiatan kami.”ungkap Agus ST.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah & Bahan Berbahaya Beracun (B3) Rossa Vivien menyampaikan apresiasinya selama ini terhadap kinerja yang telah di lakukan rekan-rekan AMPHIBI melalui aksi nyata nya Kampung Peduli Pencemaran Lingkungan (KPPL).

Vivien juga meminta kepada lembaga lingkungan AMPHIBI agar lebih fokus dan terinci satu persatu.Biar lebih cantik dan manis, “ucapnya.
“Saya suka monitor kok seluruh kegiatan kawan-kawan di WAG AMPHIBI NKRI dan saya sangat apresiasi, “ucap Vivien.

Vivien juga menyampaikan terkait masalah sengketa lahan HGU yang sedang dihadapi kawan-kawan KPPL AMPHIBI KOLAM, “saya akan bantu mem folowup ke Ditjen Planologi dan Perhutanan sosial TORA.Terkait permasalahan danau martubung kota medan, nanti pak Novrizal Tahar Direktur pengelolaan sampah akan hubungi Kadis LH Kota Medan dan untuk KPPL Kedung Sroko nanti tanggal 2 Mei 2019 pak Novrizal Tahar akan bertemu dengan Walikota Surabaya Tri Rismaharini.
Silahkan nanti kawan-kawan AMPHIBI bertemu disana.

Sementara Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian LHK Novrizal Tahar menyatakan terimakasihnya terhadap AMPHIBI yang benar-benar konsen dalam perbaikan lingkungan hidup di NKRI.

“Saya sebagai Direktur Pengelolaan Sampah siap membantu kawan-kawan AMPHIBI dalam pengelolaan sampah.Selama ini saya monitor saja di WAG AMPHIBI NKRI, “tuturnya.

Di akhir pertemuan tersebut ketua umum AMPHIBI Agus Salim Tanjung So, si menyerahkan Cindera mata berupa Buku Generasi Bela Negara part 1 & 2 kepada Direktur Jenderal PSLB3 Rossa Vivien. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini