MEDIA PURNA POLRI,KOTA BANDUNG- Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung melalui Bidang Sumber Daya dan Promosi menggelar pameran Bandung Local Brand Fashion and Craft yang berlangsung selama tiga hari yaitu tanggal 18 – 20 April 2019, bertempat di Graha Manggala Siliwangi, guna mempromosikan produk-produk hasil industri kecil dan menengah (IKM) binaannya. Tujuannya agar merk lokal produk-produk industri kecil dan menengah Kota Bandung lebih dikenal oleh masyarakat.

Disdagin Kota Bandung mengupayakan agar acara-acara seperti ini bisa digelar minimal satu tahun satu kali. Acara pameran yang dikuti oleh kurang lebih 60 peserta IKM ini tidak dipungut biaya. Panitia menyediakan booth-booth bagi peserta secara gratis dan juga peserta diberi konsumsi makan siang. Booth-booth pameran dibuat secara sederhana namun tetap menampilkan citra yang elegan.

Para peserta pameran sangat antusias mengikuti acara ini dan berharap agar Disdagin Kota Bandung bisa lebih intens mengadakan acara pameran seperti ini. Berdasarkan wawancara kepada para pelaku usaha IKM peserta pameran, umumnya mereka menjadikan usaha ini sebagai usaha utama. Hanya beberapa saja yang menjadikan usaha ini sebagai usaha sampingan.

Pemasaran dilakukan secara offline dan online. Beberapa Pengusaha IKM menuturkan bahwa penghasilan terbesarnya adalah melalui online, umumnya karena mereka bisa memasarkan produknya hingga ke seluruh Indonesia, tidak hanya sekedar menjual produknya di Kota Bandung.

Media online yang digunakan umumnya adalah Instagram, Facebook, Whatsapp dan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bli-bli, Bukalapak, dan lain-lain.

Beberapa pelaku usaha industri craft sempat menyayangkan ditutupnya marketplace Q-Lapa, karena melalui penjualan aplikasi marketplace ini penghasilan mereka lumayan signifikan.

Disdagin kota Bandung juga terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimum bagi masyarakat Kota Bandung.

Setelah menggelar acara pameran bagi IKM binaannya, selanjutnya Disdagin Kota Bandung akan menggelar Bazar Murah Kebutuhan Pokok. Acara tersebut akan berlangsung di beberapa tempat dan waktu di Kota Bandung, diantaranya yaitu di Halaman Gd. Balai Industri dan Promosi Cigondewah Kaler no. 02 pada tanggal 22 – 23 April 2019, Halaman Kecamatan Sukasari Gegerkalong Hilir pada tanggal 25-26 April 2019, dan Halaman BLPT Jalan Pahlawan No. 70 pada tanggal 02 -03 Mei 2019.

Waktu acara dari seluruh tempat tersebut adalah pukul 08.00 – 16.00 WIB. (Wells)

Loading...
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini