MEDIA PURNA POLRI,KARAWANG – Dalam mengetahui ketertiban administrasi keuangan,Tim Inspektorat Kabupaten Karawang lakukan pemeriksaan di Desa Kamojing,Kecamatan Cikampek,Kabupaten Karawang terkait dengan penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) periode tahun 2018 yang dilakukan Kamis 11/04/2019 tepatnya di Kantor Desa Kamojing.

Seperti diketahui Alokasi Dana Desa (ADD), adalah kewajiban Pemerintah Kabupaten/Kota untuk mengalokasikan anggaran untuk Desa yang diambil dari Dana Bagi Hasil (DBH) dan Dana Alokasi Umum (DAU) yang merupakan bagian Dana Perimbangan.

Ketua BPD Desa Kamojing,Tatang Mulyana menyampaikan kepada wartawan“Penggunaan Alokasi Dana Desa(ADD) harus sesuai dengan pagu anggaran. Tidak perlu takut terhadap pemeriksaan jika dilaksanakan sesuai dengan pagu anggarannya,” tambahnya.

Senada disampaikan Kepala Desa Kamojing,Pujianto SE. “Adanya pemeriksaan Alokasi Dana Desa (ADD)Tahun 2018. Untuk memeriksa realisasi penggunaannya serta peruntukannya”.

“Kita sudah sesuai dengan pagu anggarannya. Karena setiap tahun secara berkala dilakukan pemeriksaan sebagai pembinaan adminstrasi. Supaya tertib administrasi penggunaan anggaran yang telah diterima pemdes,” singkat Sekdes Kamojing,Heri.

“Untuk masalah pemeriksaan Alokasi Dana Desa(ADD) menurut saya sangat baik,laporan pertanggung jawaban Desa Kamojing sangat akurat dengan data yang kami terima”Ungkap Hendra.

Dalam wawancara dengan Ketua Tim pemeriksa Inspektorat Kabupaten Karawang Hendra Djaya mengenal Dana Desa beliaupun mengatakan”Untuk Dana Desa sementara ini belum kita lakukan,kita masih berfokus kepada Alokasi Dana Desa (ADD).

Adapun mengenal Dana Desa kita akan lakukan nanti,dan pemeriksaan pun melibatkan semua yang terlihat dalam penggunaan Dana Desa (DD) termasuk Bumdes,apabila ada kejanggalan dalam penggunaannya maka laporannya akan kami berikan ke Bupati dan bisa dilakukan pemeriksaan oleh BPK dan Tim Tipikor Polres karawang”,lanjut Hendra.

Sekdes Kamojing Heryadi menambahkan dalam wawancara dengan Awak Media “Kami menggunakan Alokasi Dana Desa sesuai arahan pemerintah Kabupaten dan peraturan yang sesuai untuk peruntukannya”, jelas Heryadi.

Dalam pantauan Media,penggunaan Dana Desa yang dilakukan oleh Pemerintahan Desa Kamojing sudah tepat sasaran,semasa almarhum Kepala Desa Kamojing Bapak Charim, pembangunan Insfratruktur yang meliputi seluruh jalan gang mulai dari RT 01 sampai RT 12 di antara Dua Dusun,Dusun Kamojing Timur dan Dusun Kamojing Barat sudah terealisasi dan semuanya sudah di cor,atas kinerja Pemerintahan Desa kamojing dan partisipasi masyarakat sangat mendapatkan dukungan dari Pemerintahan Kabupaten karawang. (Margono S)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini