MEDIA PURNA POLRI,TANGERANG –Masyarakat Nusa Tenggara Timur yang tersebar di Jabodetabek dan sekitarnya, menyatakan sikap politik dalam deklarasi terbuka dan resmi. Bertempat di Lapangan Sepak Bola Kebun Jati, Jl. Raya Cisadane Karawaci, Kota Tangerang (29/03/2019), Masyarakat Nusa Tenggara Timur yang menamakan dirinya Barisan Loyalis Jokowi Dan Amin Nusa Tenggara Timur atau yang disingkat BASODARA ini berkumpul dan menyatakan dukungan kepada Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin dan siap memenangkan pasangan nomor urut 01 ini pada pemilihan 17 April 2019 mendatang.

Isi deklarasi loyalis Jokowi-Amin yang tergabung dalam BASODARA adalah :
Memberikan dukungan kepada pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 01 : Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden periode ini.

Mensosialisasikan Program Kerja, Visi dan Misi pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 01 : Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin.Menjadi Mitra TNI dan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya selama masa Kampanye dan saat Pemilu di laksanakan.

Melawan setiap ancaman dari pihak manapun yang ingin memecah Kesatuan dan Persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.Mendorong masyarakat agar menggunakan Hak Pilih yang telah diamanatkan oleh Konstitusi agar tidak Golput.Menolak dan melawan Hoax, Ujaran Kebencian atau Kampanye Hitam.
Mengambil peran untuk ikut mengawasi dan memastikan Pemilu Tahun 2019 berjalan sesuai amanat Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Dalam sambutan Prasetyo Edi Marsudi, SH selaku Ketua DPRD DKI. Jakarta dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang hadir pada deklarasi tersebut, menyampaikan bahwa sebagai warga Negara yang baik, masyarakat Nusa Tenggara Timur yang ada di Jabodetabek dan sekitarnya harus memberikan hak pilihnya dengan gembira, melawan hoax atau ujaran kebencian, dan memastikan bahwa pemilihan umum tahun 2019 ini berjalan sesuai dengan Konstitusi, aman dan damai.

Mendampingi Ketua DPRD DKI. Jakarta, Ferdinand M. Kilikili, selaku wakil panglima tinggi Satria Bela Bangsa, salah satu garda sayap PDI. Perjuangan mengatakan, “Api perjuangan yang telah dimulai dari BASODARA NTT harus terus dinyalakan ke seluruh belahan Indonesia Timur. Terus menyala dan membakar semangat loyalis Jokowi-Amin dimana saja, agar tetap berdiri sebagai yang terdepan dalam membela NKRI, Pancasila dan UUD 1945”.

Hadir dalam deklarasi tersebut Tokoh Agama, Gus Sholeh. Dalam doa nya bagi negara Indonesia, Gus Sholeh meminta agar pada pemilihan umum nanti Tuhan Yang Maha Esa, memberikan belas kasihan dan pertolongan-Nya, sehingga penyelenggaraan Pemilu berjalan baik dan persatuan kesatuan Indonesia tetap terjaga. Doa bagi Negara ini juga diikuti oleh Pdt. Andreas B. Rehiary dengan harapan yang sama agar damai sejahtera Tuhan menaungi Negara tercinta ini sehingga tercipta kedamaian dan persatuan bagi semua anak Negeri.

Deklarasi BASODARA yang megah ini, diprakarsai oleh Tokoh-Tokoh Pemuda Nusa Tenggara Timur yang memiliki semangat, harapan dan optimis yang besar bahwa Indonesia kedepannya akan semakin baik, khususnya dibawah kepemimpinan Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin. Sebut saja; Yohanes Hiba Ndale, Logo Vallenberg, Thomas Edison Rihimone, Whempy Henukh, Dance F. Pellondou, Yunus Rotestu Sakuain, Tedja Ende, Geradus Kiik, Hengky, Joseph Daok Klau, Talla Masudin Ahmad, Charles Ora, Yenny Bengngu dan beberapa nama yang lain.

Diwawancarai oleh Tim Jurnalis, Dance F. Pellondou selaku ketua panitia mengatakan bahwa, “Kami dapat melaksanakan deklarasi hari ini karena mendapat dukungan dari seluruh masyarakat NTT yang tersebar di Jabodetabek dan sekitarnya”. Ditambahkan oleh Dance, panggilan akrabnya, “Selaku ketua panitia, saya mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol. Harry Kurniawan, S.IK, M.Si, Kapolsek Karawaci Kompol Doddy Ginanjar, SH, yang telah memberikan ijin keramaian dan membantu dalam pengamanan selama deklarasi ini berjalan.

Juga berterimakasih kepada seluruh Ikatan keluarga Besar yang berasal dari NTT, Jempol Ceria Road Show, FKPP NTT Banten, FP NTT Jakarta. Dan secara khusus saya mengucapkan terimakasih kepada ratusan Basodara pendukung Jokowi-Amin yang bekerja sebagai buruh panggul di pasar induk Tanah Tinggi, Tangerang yang telah mengkondisikan lapangan deklarasi ini sehingga dapat dipakai dengan bersih dan nyaman.”.

Deklarasi BASODARA ini dimeriahkan oleh suguhan pagelaran seni dan budaya Nusa Tenggara Timur seperti tarian-tarian dan lagu-lagu yang menggugah jiwa serta membuat semangat perjuangan peserta deklarasi terus berkobar-kobar sekalipun dibawah terik matahari. Dibawah komando Yunus Rotestu Sakuain, atau yang kerap dipanggil Nus Meo, teriakan dukungan kepada Jokowi – Amin terus dikumandangkan penuh gelora dan antusias.

Ketika Nus Meo, berkata “Basodara” dengan tegas dan lantang, peserta deklarasi yang berjumlah kurang lebih 4.000 sampai 5.000 orang menjawabnya dengan “Jokowi-Amin”. Dan saat dilanjutkan lagi olehnya, “Jokowi-Amin”, peserta deklarasi kembali menjawab “Katong Samua Pung”.

Semarak dan kegembiraan tergambar dengan jelas dalam suasana deklarasi BASODARA yang juga di hadiri oleh calon-calon legislatif dari partai-partai koalisi pendukung Jokowi-Amin, dan beberapa organisasi masyarakat.

Sampai sore menjelang lapangan deklarasi tetap dipenuhi oleh loyalis Jokowi-Amin dari Nusa Tenggara Timur yang terus mengibarkan spanduk dan menyuarakan dukungan kepada pasangan Capres dan Cawapres no urut 01.

Deklarasi BASODARA yang dimulai pukul 14.00 WIB diakhiri tepat pukul 17.30 WIB dan loyalis Jokowi-Amin membubarkan diri dengan tertib.

(Yustaf Siki /Team)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini