(MPP) Sidoarjo – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 Indonesia (Amphibi) Jawa Timur membuka kantor barunya di Ruko Sun City Blok A no.14b-16a Kota Sidoarjo, Rabu (27/3/2019).

Kadis LH Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, persoalan lingkungan bukan tugas pemerintah saja. Namun juga menjadi tanggung jawab segenap elemen masyarakat.

Maka keberadaan Amphibi ini akan bisa bersinergi dengan pemerintah untuk sama-sama mengatasi dan memberi solusi persoalan lingkungan. Menurut Sigit, program Amphibi akan bisa selaras dengan Dinas LH untuk mengatasi problem lingkungan hidup.

“Selamat, semoga keberadaan Amphibi Jatim ini bermanfaat bagi masyarakat,” Kadis LH Sigit.

Ketua Umum DPP Amphibi Agus Salim Tanjung so, si mengatakan, pihaknya berupaya melakukan perbaikan lingkungan hidup di seluruh Indonesia. Bukan sekadar perbaikan, tapi juga menciptakan ekonomi kemasyarakatan dari sampah dan limbah.

Hal itu sudah dilakukan AMPHIBI dengan program kampung Peduli Pencemaran Lingkungan (KPPL) dengan kreativitas pembuatan berbagai barang kerajinan yang memanfaatkan limbah. Selain itu juga lembaga AMPHIBI bersama YASOS BKS telah memproduksi membuat sabun cair dan detergent berbahan limbah sawit.

Produksi Sabun dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bulak Kapal Kota Bekasi. “Khusus untuk sabun ini sebenarnya banyak Lapas yang meminta namun terbatas tenaga kami “ucap A.S Tanjung.

Saat ini Amphibi juga sedang memproduksi pakan ikan (pelet)untuk ternak lele dan memanfaatkan limbah domestik untuk bata press. Bahkan Amphibi juga akan menciptakan eco wisata di setiap danau/situ yang tercemar di seluruh indonesia dengan melibatkan masyarakat satu kampung dengan nama Kampung Peduli Pencemaran Lingkungan (KPPL) seperti di Situ Rawa Gede Kota Bekasi.

Amphibi juga telah banyak melakukan penghijauan di seluruh nusantara diantarnya kota cilegon, mojokerto, pasuruan, kota bekasi, kab. bekasi, kab bogor, kota bogor, kota medan, deli serdang, sumbar, lampung, sumsel, jawa barat, banten, jawa timur, selat madura, lumpur sidoarjo dan pulau pari kepulauan seribu.

“Harapannya perbaikan lingkungan hidup seluruh NKRI akan terlihat 2025 mendatang,” terang A.S Tanjung.

Selain di Jatim, Amphibi sudah membuka kantor wilayah di sejumlah tempat. Di antaranya di Medan Sumatra Utara, Padang Sumatra Barat, Palembang Sumatra Selatan , Kepulauan Riau, Riau dan Lampung. Wilayah Kalimantan dan Makassar masih dalam proses. Sementara kantor pusat Amphibi berada di Bekasi dan Banten.

Samsul Hadi menegaskan, pihaknya akan memfokuskan pengkaderan dan leadership di organisasi terlebih dulu, sebelum menjalankan program lebih lanjut. Sebab mereka yang masuk di Amphibi adalah para relawan yang mau mendedikasikan waktu dan tenaga yang tidak digaji atau mendapat upah.

“Itu hal pertama yang akan saya lakukan untuk membenahi pengkaderan dan leadership,” pungkas Samsul.

Pembukaan kantor baru berlantai tiga ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua Umum DPP Amphibi Agus Salim Tanjung. Pemotongan pita didampingi Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Sidoarjo Sigit Setyawan, Sekjen DPP Amphibi Noven Saputra, dan Ketua DPW Amphibi Jatim Samsul Hadi.

Selain Kadis LH Sigit Setyawan, hadir pula Komandan Rayon Militer Sidoarjo Kapten (Inf) Utomo serta perwakilan dari Polsek Kota dan Polresta Sidoarjo, Tokoh Masyarakat dan Ulama. Ucapan selamat atas dibukanya kantor baru juga melaui karangan bunga yang dikirim sejumlah kolega dan perusahaan serta DPD AMPHIBI-YASOS BKS se Jawa Timur.

Setelah pemotongan pita, di bukanya kantor baru juga ditandai dengan potong tumpeng. Pemotongan tumpeng dilakukan Ketua Umum DPP Amphibi Agus Salim Tanjung So,si selanjutnya diberikan ke Ketua Kanwil DPW Amphibi Jatim Samsul Hadi So.

Dalam akhir acara Ketua Umum AMPHIBI Agus Salim Tanjung,So,Si dan Ketua DPW Jatim Samsul Hadi,So memberikan Cindera Mata berupa Buku Generasi Bela Negara (Produk cetakan Lembaga AMPHIBI-YASOS BKS), Pajangan Wayang Pendopo dari PT. LPS kepada Kapten Inf.Hutomo Danramil Sidoarjo, Kepala Dinas LH Sidoarjo Bpk. Sigit Setyawan, Polsek Sidoarjo Kota Joko dan Krimsus Polres Sidoarjo Kota. (cat/ian/awan pers)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini