MEDIA PURNA POLRI,JEMBRANA – Kodim 1617/Jembrana menggelar Komunikasi Sosial atau Komsos dengan Keluarga Besar TNI (KBT) Tahun Anggaran 2019 dengan tema kegiatan “Melalui Pembinaan Keluarga Besar TNI, Kita Wujudkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan Dan Kesadaran Bela Negara Serta Kebhinekaan Dalam Rangka Membantu Kesulitan Rakyat Dan Mendukung Tugas Pokok TNI AD”. Kegiatan tersebut berlangsung Sabtu pagi (16/03), bertempat di Aula Makodim 1617/Jembrana Jalan Ngurah Rai Nomor 135 Kelurahan Dauhwaru, Jembrana.

Dandim 1617/Jbr Letkol Kav Djefri Marsono Hanok membuka kegiatan Komsos tersebut yang juga dihadiri oleh Kasdim, Perwira Staf, Para Danramil, Ketua FKPPI, Ketua Hipakad Cabang Jembrana serta Siswa-Siswi Putra-Putri TNI AD se Kabupaten Jembrana.

Dalam Sambutan dan arahannya Dandim 1617/Jembrana menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis di antara kita, sehingga dapat diperoleh kesamaan pandang dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi untuk terpeliharanya keharmonisan dan sinergitas.

Dandim juga menyatakan, kebersamaan seperti ini, perlu ditumbuh suburkan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan yang sangat diperlukan guna menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan berbangsa dan Bernegara.

β€œApalagi sistem pertahanan Indonesia yang menganut sistem pertahanan semesta atau Sishanta dengan menempatkan seluruh komponen bangsa sebagai komponen pendukung dan komponen cadangan dimana TNI sebagai kekuatan utamanya”, jelas Dandim.

Di hadapan KBT Dandim juga menjelaskan tentang tugas pokok TNI, sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, dinyatakan bahwa TNI berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam pelaksanaan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik Negara.

Di akhir sambutannya, Dandim juga menyampaikan tentang penerimaan untuk bergabung menjadi Prajurit TNI AD melalui Calon Tamtama, Calon Bintara serta Perwira melalui Akademi Militer dan Perwira Prajurit Karier dengan ketentuan harus mempersiapkan diri secara sungguh-sungguh bila nantinya berminat menjadi seorang Prajurit TNI AD.

Sementara itu, Kasdim Mayor Inf Ngakan Made Marjana selaku pembawa materi menyampaikan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Klasifikasi Daerah Pertahanan dalam Penyiapan Pertahanan Negara secara dini dalam rangka mendukung program pemerintah RI khususnya bidang pertahanan.

Selain penyampaian materi, kegiatan juga diisi dengan sesi tanya jawab dan penyerahan hadiah kepada siswa-siswi yang mampu menjawab pertanyaan dari Dandim.

(Oscar/IBD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini